Pemanfaatan Fitur Google Classroom Sebagai Platform Pembelajaran Di Sekolah Dasar

Authors

  • Nadia Rizkianti Universitas Riau, Pekanbaru, Riau
  • Dea Mustika Universitas Riau, Pekanbaru, Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.4054

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan fitur google classroom sebagai platform pembelajaran di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini kualitatif jenis study kasus. Teknik dan instrument pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengujian validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan penelitian ini adalah pemanfaatan fitur google classroom sebagai platform pembelajaran di sekolah dasar berfokus kepada 4 fitur, 4 fitur pada google cassroom yang dimanfaatkan yaitu fitur assigment (penugasan), fitur grading (penilaian), fitur communication (komunikasi), fitur archive course (arsip program). Hanya saja dari pemanfaatan 4 fitur terdapat salah satu fitur yang jarang dimanfaatkan oleh guru yaitu fitur archive course (arsip program). 

Downloads

Published

2022-04-09

How to Cite

Rizkianti, N. ., & Mustika, D. (2022). Pemanfaatan Fitur Google Classroom Sebagai Platform Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(2), 284–293. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.4054