Penggunaan Metode Eksperimen pada Materi Sifat dan Perubahan Wujud Benda dalam Meningkatkan Keterampilan Kognitif Siswa

Authors

  • Rora Rizky Wandini Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rizki Nanda Setiawan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rolisa Sibuea Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rossa Aulia Putri Barus Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5003

Abstract

Kemampuan kognitif merupakan suatu proses dalam diri manusia yang berlangsung di sistem saraf pusat yang memungkinkan seseorang untuk berpikir. Belajar, mengembangkan ide, mempertimbangkan suatu peristiwa, memecahkan masalah, berkaitan erat dengan keterampilan kognitif. Kualitas seorang siswa dipengaruhi oleh kualitas seorang guru dalam memberikan pengetahuan yang membuat siswa aktif dalam belajar. Salah satu upaya untuk meningkatkan pemahaman siswa melalui metode pembelajaran eksperimen. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah kelompok 7 kelas PGMI 2 semester VI Universitas Islam Negeri Sumatera Utara dengan jumlah anggota empat orang. Lokasi dalam penelitian ini yaitu di rumah anggota kelompok masing-masing. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 22-24 April 2022. Yang terjadi pada benda sebelum dan sesudah perubahan yaitu sebelum perubahan seluruh benda masih berwujud seperti semula. Setelah perubahan benda berubah wujud, warna dan rasa. Berdasarkan hasil eksperimen yang telah dilakukan, peneliti bisa mengambil kesimpulan bahwa penggunaan metode eksperimen ini berpengaruh signifikan terhadap keterampilan kognitif pada materi sifat dan wujud benda. Hal ini dapat dilihat pada saat peneliti memecahkan sendiri percobaan yang dilakukannya dengan kemampuan berpikirnya.  

Downloads

Published

2022-06-27

How to Cite

Wandini, R. R. ., Setiawan, R. N. ., Sibuea, R. ., & Barus, R. A. P. (2022). Penggunaan Metode Eksperimen pada Materi Sifat dan Perubahan Wujud Benda dalam Meningkatkan Keterampilan Kognitif Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1996–2004. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5003

Most read articles by the same author(s)