Penerapan Model Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perubahan Wujud Benda

Authors

  • Rora Rizky Wandini Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Evrina Yanti Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Cut Maslina Mutia Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nur Azza Adila Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ayu Amalia Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ratih Yuana Sari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5011

Abstract

Sifat dan wujud benda merupakan materi pembelajaran IPA di SD yang pembelajarnnya berupa eksperimen, baik itu berupa wujud, dan sifat yang terjadi pada benda tersebut. Langkah awal yang dilakukan penulis, yaitu tuntutan nyata di lapangan, mengenai pembelajaran IPA pada konsep perubahan wujud benda, sebagaimana tuntutan kurikulum KTSP.Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk lebih memahami tentang konsep perubahan wujud benda siswa pada kelas tinggi. Hipotesis dalam penelitian ini adalah apabila pembelajaran konsep perubahan wujud benda siswa pada kelas tinnggi ini menggunakan metode eksperimen, maka pemahaman siswa akan lebih meningkat. Penelitian ini dilakukan dengan eksperimen yang nyata dan baik, kemudian teknik pengumpulan data yang digunakan teknik observasi dan tes. Untuk pengolahan data menggunakan analisisa deskripsi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep perubahan wujud benda siswa di kelas tinggi. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen yaitu dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi perubahan wujud benda. Hal ini terlihat dari kemampuan siswa dalam melaksanakan percobaan yang diberikan.

Downloads

Published

2022-06-27

How to Cite

Wandini, R. R. ., Harahap, E. Y. ., Mutia, C. M. ., Adila, N. A. ., Amalia, A. ., & Sari, R. Y. . (2022). Penerapan Model Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perubahan Wujud Benda. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2032–2035. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5011

Most read articles by the same author(s)