Peningkatan Sikap Ilmiah Siswa melalui Metode Eksperimen dalam Pembelajaran IPA Kelas IV SD/MI

Authors

  • Rora Rizky Wandini Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Dahlia Ritonga Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Mia Septiani Hasibuan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Riska Dwi Prasasti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Tantri Yundira Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5002

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan sikap ilmiah peserta didik menggunakan metode eksperimen pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IV SD/MI. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi antara penelitian tindakan kelas dan kuasi eksperimen. Selama kegiatan belajar mengajar, siswa telah melaksanakan aktifitas dengan baik seperti memperhatikan penjelasan guru/teman kelompok, siswa membaca LKS, bekerja dengan menggunakan alat peraga secara bersama-sama dan  mencatat yang relevan dengan pembelajaran. Subjek penelitian tindakan kelas adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah. Populasi penelitian kuasi ekspermen ini seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri/Madrasah Ibtidaiyah. Sampel penelitiannya dipilih dua kelas di SD/MI yaitu kelas IVA dan IVB. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Analisis data menggunakan rata-rata (mean) dan uji-t. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa secara signifikan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas IV. Sikap ilmiah siswa yang paling menonjol atau meningkat secara signifikan dari siklus ke siklus adalah sikap rasa ingin ingin tahu siswa. Hal itu dibuktikan dengan persentase perolehan nilai sikap ilmiah siswa yang semakin meningkat dari siklus kesiklus.

Downloads

Published

2022-06-27

How to Cite

Wandini, R. R. ., Ritonga, D. ., Hasibuan, M. S. ., Prasasti, R. D. ., & Yundira, T. . (2022). Peningkatan Sikap Ilmiah Siswa melalui Metode Eksperimen dalam Pembelajaran IPA Kelas IV SD/MI. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1990–1995. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5002

Most read articles by the same author(s)