Peran Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Sikap Keagamaan Peserta Didik Di SMP Islam Terpadu Permata Kota Probolinggo

Authors

  • Sambang Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo
  • Benny Prasetiya Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo
  • Ulil Hidayah Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.3976

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan Peran guru PAI dalam membentuk sikap keagamaan peserta didik di SMP IT PERMATA Kota Probolinggo, Faktor yang mempengaruhi terbentuknya sikap keagamaan peserta didik di SMP IT PERMATA Kota Probolinggo,  Gambaran sikap keagaman peserta didik di SMP IT PERMATA Kota Probolinggo,  Hambatan dalam membentuk sikap keagamaan peserta didik di SMP IT PERMATA Kota Probolinggo dan upaya pemecahannya. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pendekatan fenomenologi digunakan untuk mengamati fenomena yang muncul dilapangan, disamping itu juga digunakan pendekatan multidisipliner yakni; pendekatan pedagogis, teologis normatif, dan sosiologis. Untuk menguji validitas data, peneliti mencocokkan dan membandingkan data dari berbagai sumber, baik sumber lisan (hasil wawancara), tulisan (pustaka), maupun data hasil observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif yaitu yang digambarkan dengan kata-kata atau kalimat yang dipisah- pisahkan menurut kategori untuk memperoleh kesimpulan. Kesimpulan yang dapat penulis ambil adalah 1. Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk sikap keagamaan peserta didik di SMP IT PERMATA Kota Probolinggo, menanamkan nilai-nilai keislaman secara subtansial dan universal sehingga tercapai tujuan utama sebagai guru Pendidikan Agama Islam di sekolah. 2. Faktor yang mempengaruhi terbentuknya sikap keagamaan Peserta didik di SMP IT PERMATA Kota Probolinggo yaitu: Faktor pendidikan, faktor pergaulan, dan faktor keluarga. 3. Gambaran sikap keagamaan peserta didik di SMP IT PERMATA Kota Probolinggo, dapat dinilai mengalami perkembangan yang sangat baik dan maksimal. 4. Hambatan dalam membentuk sikap keagamaan peserta didik di SMP IT PERMATA Kota Probolinggo yaitu: a) hambatan metodologis meliputi materi kurikulum yang luas cakupannya, b) minimnya media pembelajaran khususnya alat peraga serta terbatasnya waktu yang disiapkan.

Downloads

Published

2022-03-26

How to Cite

Sambang, Benny Prasetiya, & Ulil Hidayah. (2022). Peran Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Sikap Keagamaan Peserta Didik Di SMP Islam Terpadu Permata Kota Probolinggo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(2), 135–147. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.3976