Peran Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Sikap Keagamaan Peserta Didik Di SMP Islam Terpadu Permata Kota Probolinggo
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.3976Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan Peran guru PAI dalam membentuk sikap keagamaan peserta didik di SMP IT PERMATA Kota Probolinggo, Faktor yang mempengaruhi terbentuknya sikap keagamaan peserta didik di SMP IT PERMATA Kota Probolinggo, Gambaran sikap keagaman peserta didik di SMP IT PERMATA Kota Probolinggo, Hambatan dalam membentuk sikap keagamaan peserta didik di SMP IT PERMATA Kota Probolinggo dan upaya pemecahannya. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pendekatan fenomenologi digunakan untuk mengamati fenomena yang muncul dilapangan, disamping itu juga digunakan pendekatan multidisipliner yakni; pendekatan pedagogis, teologis normatif, dan sosiologis. Untuk menguji validitas data, peneliti mencocokkan dan membandingkan data dari berbagai sumber, baik sumber lisan (hasil wawancara), tulisan (pustaka), maupun data hasil observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif yaitu yang digambarkan dengan kata-kata atau kalimat yang dipisah- pisahkan menurut kategori untuk memperoleh kesimpulan. Kesimpulan yang dapat penulis ambil adalah 1. Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk sikap keagamaan peserta didik di SMP IT PERMATA Kota Probolinggo, menanamkan nilai-nilai keislaman secara subtansial dan universal sehingga tercapai tujuan utama sebagai guru Pendidikan Agama Islam di sekolah. 2. Faktor yang mempengaruhi terbentuknya sikap keagamaan Peserta didik di SMP IT PERMATA Kota Probolinggo yaitu: Faktor pendidikan, faktor pergaulan, dan faktor keluarga. 3. Gambaran sikap keagamaan peserta didik di SMP IT PERMATA Kota Probolinggo, dapat dinilai mengalami perkembangan yang sangat baik dan maksimal. 4. Hambatan dalam membentuk sikap keagamaan peserta didik di SMP IT PERMATA Kota Probolinggo yaitu: a) hambatan metodologis meliputi materi kurikulum yang luas cakupannya, b) minimnya media pembelajaran khususnya alat peraga serta terbatasnya waktu yang disiapkan.Downloads
Published
2022-03-26
How to Cite
Sambang, Benny Prasetiya, & Ulil Hidayah. (2022). Peran Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Sikap Keagamaan Peserta Didik Di SMP Islam Terpadu Permata Kota Probolinggo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(2), 135–147. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.3976
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Sambang, Benny Prasetiya, Ulil Hidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).