Pembelajaran Kitab Hamami Zaadah (Tafsir Yasin) Untuk Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Santri Pondok Pesantren Mambaul Ulum Pondok Wuluh Leces Probolinggo
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3771Abstract
Proses belajar mengajar ialah sesuatu rancangan dari program proses pembelajaran yang wajib direncanakan serta disampaikan, kemudian ditunjukan terhadap hasil yang di diharapkan ataupun menjadi cerminan hasil proses pendidikan. Fokus penelitian ini adalah bagaimana cara meningktakan kecerdasan spritual santri melalui pembelajaran kitab Hamami Zaadah (tafsir yasin). Tujuan penelitian ini supaya mengetahui bagaimana cara meningktakan kecerdasan spritual santri melalui pembelajaran kitab Hamami Zaadah (tafsir yasin). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori kualitatif deskriptif, karena penelitian yang hendak diimplementasikan berupaya mendefinisikan mengenai kitab Hamami Zaadah (tafsir yasin) untuk meningkatkan kecerdasan spiritual santri di pondok pesantren. Dalam mengembangkan kecerdasan spiritual santri mengembangkan penjelasan kitab Hamami Zaadah (tafsir yasin), pengasuh serta pembimbing akan terus berusaha agar santri mempunyai kepahaman yang optimal dengan menerapkan nilai-nilai yang terdapat dalam kitab hamami zaadah sehingga spiritualitas santri bisa diimplementasikan dalam diri santri, alhasil dalam penerapan aktivitas pembelajaran kitab bisa dicerna, maka dari itu pihak pondok pesantren harus menyiapkan suatu upaya dan usaha untuk meningkatkan spiriual santri sehingga wajib mempersiapkan suatu usaha serta upaya agar kecerdasan spiritual santri akan menghasilkan angka keagaaman senantiasa bermanfaat pada santri.Downloads
Published
2022-02-26
How to Cite
Abdurrohman Sholeh, Benny Prasetiya, & Ari Susandi. (2022). Pembelajaran Kitab Hamami Zaadah (Tafsir Yasin) Untuk Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Santri Pondok Pesantren Mambaul Ulum Pondok Wuluh Leces Probolinggo . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 499–507. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3771
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Abdurrohman Sholeh, Benny Prasetiya, Ari Susandi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).