Model Pembelajaran Multiliterasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Holistik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3777Abstract
Model pembelajaran multiliterasi penting untuk diterapkan pada siswa sekolah menengah untuk meningkatkan kemampuan berpikir secara holistik khususnya pada pembelajaran PAI. Penelitian ini bertujuan mengetahui dan mendeskripsikan implemenetasi, serta dampak model pembelajaran multiliterasi untuk meningkatkan kemampuan berpikir holistik pada pembelajaran PAI di MTs Darul Hikmah Al-Islamy Kropak Bantaran Probolinggo. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif, dan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri atas reduksi data, model data dan verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Implementasi model pembelajaran multiliterasi pada Pembelajaran PAI di MTs Darul Hikmah Al-Islamy Kropak Bantaran Probolinggo terdiri dari tahapan pramenulis, yakni guru memperlihatkan contoh karangan artikel kepada siswa. Kemudian melalui observasi siswa menuliskan ide dan gagasan tulisan yang akan ditulis pada lembar kerja sekaligus sebagai peta konsep untuk penulisan. Kerangka karangan yang dibuat dibacakan ke depan kelas dan yang lainnya menanggapi idenya, siswa mengembangkan gagasan menjadi karangan. Pada tahap akhir, guru meninjau ulang hasil karangan untuk diberikan revisi terhadap tulisan yang dibuatnya;.(2) Dampak dari penerapan model pembelajaran ini yakni membuat siswa menjadi aktif, kemampuan menulis siswa menjadi meningkat, serta peningkatan kemampuan berpresentasi ditandai dengan nilai yang diperoleh siswa.Downloads
Published
2022-02-26
How to Cite
Muhammad Sakdulloh, Ulil Hidayah, & Heri Rifhan Halili. (2022). Model Pembelajaran Multiliterasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Holistik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 530–538. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3777
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Muhammad Sakdulloh, Ulil Hidayah, Heri Rifhan Halili
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).