Model Pembelajaran Multiliterasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Holistik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Muhammad Sakdulloh Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo
  • Ulil Hidayah Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo
  • Heri Rifhan Halili Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3777

Abstract

Model pembelajaran multiliterasi penting untuk diterapkan pada siswa sekolah menengah untuk meningkatkan kemampuan berpikir secara holistik khususnya pada pembelajaran PAI. Penelitian ini bertujuan mengetahui dan mendeskripsikan implemenetasi, serta dampak model pembelajaran multiliterasi untuk meningkatkan kemampuan berpikir holistik pada pembelajaran PAI di MTs Darul Hikmah Al-Islamy Kropak Bantaran Probolinggo. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif, dan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri atas reduksi data, model data dan verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Implementasi model pembelajaran multiliterasi pada Pembelajaran PAI di MTs Darul Hikmah Al-Islamy Kropak Bantaran Probolinggo terdiri dari tahapan pramenulis, yakni guru memperlihatkan contoh karangan artikel kepada siswa. Kemudian melalui observasi siswa menuliskan ide dan gagasan tulisan yang akan ditulis pada lembar kerja sekaligus sebagai peta konsep untuk penulisan. Kerangka karangan yang dibuat dibacakan ke depan kelas dan yang lainnya menanggapi idenya, siswa mengembangkan gagasan menjadi karangan. Pada tahap akhir, guru meninjau ulang hasil karangan untuk diberikan revisi terhadap tulisan yang dibuatnya;.(2) Dampak dari penerapan model pembelajaran ini yakni membuat siswa menjadi aktif, kemampuan menulis siswa menjadi meningkat, serta peningkatan kemampuan berpresentasi ditandai dengan nilai yang diperoleh siswa.

Downloads

Published

2022-02-26

How to Cite

Muhammad Sakdulloh, Ulil Hidayah, & Heri Rifhan Halili. (2022). Model Pembelajaran Multiliterasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Holistik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 530–538. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3777