Tantangan Pendidikan Di Masa Pandemi Semua Orang Harus Menjadi Guru
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1821Keywords:
Tantangan Pendidikan, GuruAbstract
Pendidikan adalah pembelajaran, pengetahuan, keterampilan dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya pengajaran, pelatihan atau penelitian.Dunia pendidikan terdampak imbas sangat besar di masa pendemi ini, sekolah tatap muka langsung belum diperbolehkan, karena kita harus turut memutus wabah mata rantai virus covid-19, jangan sampai terkena pada generasi penerus bangsa.Guru dituntut untuk berfikir kreatif dan inovatif dalam memberikan pembelajaran secara daring. Orang tua di saat pembelajaran daring sangat diperlukan oleh anak, terutama pada anak-anak tingkat sekolah dasar, orang tua dituntut untuk dapat menjelaskan apa yang dijelaskan oleh pengajar, dan dapat membantu mengerjakan tugas pekerjaan rumah anak-anak. Peran pemerintah sangat penting dalam memberikan kualitas pendidikan kepada anak bangsa, karena pendidikan adalah kunci dari keberhasilan sumber daya manusia suatu Negara.Beberapa hambatan pendidikan di masa pandemic diantaranya adalah orang tua siswa gaptek, akses internet, sulit memahami materi, rasa malas dan sulit berkonsentrasi. Namun hambatan-hambatan diatas dapat diatasi dengan membuat media pembelajaran sistem daring, komunikasi dengan wali murid, membuat ringkasan pembelajaran, memberikan tugas yang mendorong siswa untuk aktifReferences
Aji, R. H. (2020). Dampak Covid-19 Pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Ketrampilan, dan Proses Pembelajaran. Vol. 7 No. 5 (2020): Salam: Jurnal Soialdan Budaya Syar-i , 395-402.
Andina Amalia, N. S. (2020). Dampak Wabah Volume 13 No.2, Desember 2020, 214- 225
C., A. B. (2008). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:
Rineka Cipta.
Firdaus, F. (2020). Implementasi dan HambatanPada
Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19. Vol. 6 No. 2 (2020):Utile: Jurnal Kependidikan, 220-225.
Firmansyah, R., Nisa, H., & Permana, A. (2020). Peranan Smarthphone Dalam Dunia Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19.Vol 7 No 2 (2020): TEMATIK – Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi -Desember 2020, 140-146.
Hamalik, O. (1994). Sistem PembelajaranJarak Jauh dan Pembinaan Ketenagaan. Bandung: Trigenda Karya.
Herliandry, L. D. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Vol22 No 1 (2020): Jurnal Teknologi Pendidikan, 65-70.
Kahfi, A. (2020). TANTANGAN DAN HARAPAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI
COVID 19. Dirasah, Vol 03 No.2 - Agustus
, 137- 15
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 alifianing kusuma dewi alifianing kusuma dewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).