Analisis Sikap Bahasa Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Singaperbangsa Karawang Tahun Angkatan 2019/2020 sebagai Bentuk Pemertahanan Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.14272Abstract
Fenomena yang terjadi pada saat ini, mahasiswa tidak sadar dalam menggunakan bahasa Indonesia sesuai kaidah, selain itu mahasiswa lebih bangga menggunakan bahasa gaul dibandingkan bahasa Indonesia yang benar. Kesadaran terhadap norma bahasa Indonesia dalam melakukan tindak tutur merupakan sikap positif yang ditunjukan pemilik bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan permasalahan pemertahanan bahasa yang meliputi aspek kesetiaan terhadap bahasa Indonesia, aspek kebanggaan terhadap bahasa Indonesia, dan aspek kesadaran norma terhadap penggunaan bahasa Indonesia. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kulaitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan beberapa sikap bahasa pada mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia Univesitas Singaperbangsa Karawang berdasarkan aspek kesetiaan bahasa, kebanggan bahasa, dan kesadaran adanya norma bahasa. Berdasarkan hasil penelitian Sikap kesetiaan terhadap bahasa Indonesia dalam lingkungan keluarga, teman sebaya dan lingkungan akademis (kampus). Mahasiswa dinyatakan menunjukan sikap positif terhadap kesetiaan berbahasa. Sikap bangga terhadap bahasa Indonesia pada mahasiswa dinyatakan positif, karena menunjukan rasa bangga terhadap bahasa Indonesia dan penggunaan bahasa Indonesia. Sikap kesadaran norma berbahasa terhadap bahasa Indonesia pada mahasiswa PBSI kelas 7D dinyatakan negatif, karena hasil tes menunjukan bahwa mahasiswa PBSI kelas 7D sering menggunakan bahasa prokem/gaul daripada penggunaan bahasa Indonesia yang sesuai dengan norma bahasa IndonesiaDownloads
Published
2021-08-31
How to Cite
Maspuroh, U., Sidiq, . I. ., & Pauzan, A. R. . (2021). Analisis Sikap Bahasa Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Singaperbangsa Karawang Tahun Angkatan 2019/2020 sebagai Bentuk Pemertahanan Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2), 266–271. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.14272
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2021 Uah Maspuroh, Iqbal Sidiq, Achmad Reza Pauzan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).