Analisis Campur Kode Pada Tayangan Video “Review Makanan” di Konten TikTok Betty Augustina dan Pemanfaatannya Sebagai Video Pembelajaran Teks Ulasan di SMP Kelas VIII : Kajian Sosiolinguistik
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11461Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis jenis-jenis campur kode yang terdapat dalam tayangan video “food review” pada konten TikTok Betty Augustina, (2) mendeskripsikan faktor-faktor penyebab terjadinya campur kode yang terdapat pada tayangan video “food review” pada konten TikTok Betty Augustina. Konten TikTok, (3) menjelaskan bagaimana pemanfaatan hasil penelitian menjadi video pembelajaran teks ulasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, yaitu mendeskripsikan jenis-jenis campur kode yang terdapat dalam tayangan video “food review” pada konten TikTok Betty Augustina, faktor-faktor penyebab terjadinya campur kode dalam tayangan video “food review” pada Konten TikTok Betty Augustina, dan memaparkan bagaimana pemanfaatan hasil penelitian menjadi video pembelajaran teks ulasan. Subjek penelitian ini adalah konten TikTok Betty Augustina, objek penelitian ini adalah tuturan yang mengandung campur kode dalam tayangan video “food review” di konten TikTok Betty Augustina. Teknik analisis data yang dilakukan oleh peneliti adalah deskripsi data, analisis data, interpretasi data. Hasil penelitian ini ditemukan jenis campur kode. Jenis campur kode pada tayangan video “food review” pada konten TikTok Betty ditemukan dengan total 90 data penutur, campur kode dalam ada 3 jenis campur kode 41 data, campur kode luar 27 data, dan campur kode campur ( campur kode hibrid) sebanyak 22 data. faktor penyebab campur kode yaitu karena penutur dan penggunaan istilah yang lebih populer.Downloads
Published
2023-01-13
How to Cite
Tyas, N. W. ., Maspuroh, U. ., & Adham, M. J. I. . (2023). Analisis Campur Kode Pada Tayangan Video “Review Makanan” di Konten TikTok Betty Augustina dan Pemanfaatannya Sebagai Video Pembelajaran Teks Ulasan di SMP Kelas VIII : Kajian Sosiolinguistik. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3015–3024. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11461
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Nabila Wahyuning Tyas, Uah Maspuroh, M. Januar Ibnu Adham
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).