Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Dalam Kemampuan Menulis Teks Persuasi Pada Siswa Kelas VIII SMPN 2 Cikampek

Authors

  • Dinar Sukmawati Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Uah Maspuroh Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Muhammad Januar Ibnu Adham Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11497

Abstract

Kurangnya kreatifitas cara mengajar guru di kelas dengan menggunakan media pembelajaran, menjadi permasalahan utama yang terus berulang hingga saat ini. Terlebih lagi guru hanya menggunakan metode ceramah sebagai penunjang proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini menjadi novelity atau unsur kebaruan dengan fokus tujuan penelitian yaitu, mengetahui bagaimana efektifitas media interaktif berbasis android dalam pembelajaran menulis teks persuasi dan membandingkan perbedaan hasil belajar menulis antar kelas kontrol dan kelas eksperimen. Metode yang digunakan yaitu metode quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan secara langsung penelitian ke lapangan atau sekolah. Hasil penelitian ini yaitu (1) mengetahui bagaimana keefektifitasan media interaktif berbasis android dalam pembelajaran menulis teks persuasi di kelas VIII SMPN 2 Cikampek, dan (2) mengetahui hasil belajar menulis teks persuasi antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Dengan adanya penelitian ini, maka bisa mengetahui seberapa besar pemanfaatan media interaktif berbasis android. Serta pembelajaran menjadi menyenangkan dengan proses pembelajaran yang tidak lagi monoton dan siswa menjadi lebih aktif di kelas.

Downloads

Published

2023-01-13

How to Cite

Sukmawati, D. ., Maspuroh, U. ., & Adham, M. J. I. . (2023). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Dalam Kemampuan Menulis Teks Persuasi Pada Siswa Kelas VIII SMPN 2 Cikampek. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3189–3195. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11497

Most read articles by the same author(s)