Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Dalam Kemampuan Menulis Teks Persuasi Pada Siswa Kelas VIII SMPN 2 Cikampek
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11497Abstract
Kurangnya kreatifitas cara mengajar guru di kelas dengan menggunakan media pembelajaran, menjadi permasalahan utama yang terus berulang hingga saat ini. Terlebih lagi guru hanya menggunakan metode ceramah sebagai penunjang proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini menjadi novelity atau unsur kebaruan dengan fokus tujuan penelitian yaitu, mengetahui bagaimana efektifitas media interaktif berbasis android dalam pembelajaran menulis teks persuasi dan membandingkan perbedaan hasil belajar menulis antar kelas kontrol dan kelas eksperimen. Metode yang digunakan yaitu metode quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan secara langsung penelitian ke lapangan atau sekolah. Hasil penelitian ini yaitu (1) mengetahui bagaimana keefektifitasan media interaktif berbasis android dalam pembelajaran menulis teks persuasi di kelas VIII SMPN 2 Cikampek, dan (2) mengetahui hasil belajar menulis teks persuasi antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Dengan adanya penelitian ini, maka bisa mengetahui seberapa besar pemanfaatan media interaktif berbasis android. Serta pembelajaran menjadi menyenangkan dengan proses pembelajaran yang tidak lagi monoton dan siswa menjadi lebih aktif di kelas.Downloads
Published
2023-01-13
How to Cite
Sukmawati, D. ., Maspuroh, U. ., & Adham, M. J. I. . (2023). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Dalam Kemampuan Menulis Teks Persuasi Pada Siswa Kelas VIII SMPN 2 Cikampek. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3189–3195. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11497
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Dinar Sukmawati, Uah Maspuroh, Muhammad Januar Ibnu Adham
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).