Analisis Kesalahan Penggunaan Bahasa Tulis Mahasiswa pada Program BIPA Universitas Singaperbangsa Karawang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13722Abstract
Bahasa adalah alat komunikasi yang terdiri dari ragam lisan dan tulisan. Kehadiran ragam tulis salah satunya adalah untuk menyampaikan pesan, ide, dan gagasan kepada penutur. Seseorang yang berhasil menyampaikan maksud dan tujuan dari media tulis dapat dikatakan telah memenuhi standar penulisan yang tepat. Namun, saat ini mahasiswa program BIPA di Universitas Singaperbangsa Karawang masih melakukan kesalahan penulisan pada ejaan dan tataran sintaksisnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan yang dilakukan mahasiswa sebagai bahan acuan perbaikan. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif analitis. Data yang diperoleh, kemudian dianalisis menggunakan teori analisis ejaan dan tataran sintaksis. Data didapatkan dari hasil penugasan mahasiswa program BIPA Universitas Singaperbangsa Karawang sebagai objek dalam penelitian. Hasil analisis menunjukkan jumlah kesalahan berbahasa yang ditemukan sebanyak 29 kesalahan. Terdiri dari kesalahan pada ejaan 19 data dan kesalahan pada tataran sintaksis berjumlah 10 data. Adapun pada kesalahan dalam ejaan diuraikan menjadi 5 kesalahan huruf kapital, 9 kesalahan pada penulisan tanda baca, dan 5 kesalahan pada penulisan kata. Kesalahan pada tataran sintaksis frasa berjumlah 6 data dan kesalahan pada kalimat berjumlah 4 data.Downloads
Published
2023-04-06
How to Cite
Rosalina, . S. ., & Maspuroh, U. . (2023). Analisis Kesalahan Penggunaan Bahasa Tulis Mahasiswa pada Program BIPA Universitas Singaperbangsa Karawang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2751–2759. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13722
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Sinta Rosalina, Uah Maspuroh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).