Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Meningkatkan Antusiasme Anak Berkebutuhan Khusus di SDN Pedurungan Lor 02

Authors

  • Yusma Dewi Universitas PGRI semarang
  • Henry Januar Universitas PGRI semarang
  • Duwi Nuvitalia Universitas PGRI semarang
  • Hartati Hartati SDN Pedurungan Lor 02

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14162

Abstract

Anak berkebutuhan khusus memiliki karakteristik yang berbeda karakteristik dan hambatan yang dimilikinya juga membuat anak berkebutuhan khusus memerlukan pendekatan khusus yang disesuaikan dengan kemampuan dan potensi mereka. Oleh karena itu pembelajaran berdiferensiasi diperlukan dalam proses pembelajaran dimana dalam pembelajaran berdiferensiasi memberikan kebebasan pada peserta didik untuk belajar sesuai dengan kemampuan, minat, dan juga bakat masing-masing individu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya meningkatkan antusias belajar anak berkebutuhan khusus dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi. Jenis penelitian yang diambil adalah penelitian kualitatif deskriptif melalui hasil dari wawancara, dan angket. Hasil dari penelitian ini bahwa model pembelajaran berdiferensiasi ini dapat memperluas kegembiraan dan anak memberikan respon positif dalam proses pembelajaran. Sehingga anak berkebutuhan khusus terlihat antusias dalam mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan berdiferensiasi

Downloads

Published

2023-04-17

How to Cite

Dewi, Y. ., Januar, H. ., Nuvitalia, D. ., & Hartati, H. (2023). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Meningkatkan Antusiasme Anak Berkebutuhan Khusus di SDN Pedurungan Lor 02. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4574–4581. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14162

Most read articles by the same author(s)