Implementasi Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila melalui Habituasi di SD Islam Sjarifudin Kabupaten Kendal
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13097Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kebijakan baru dari Kemendikbud yang tertuang pada Permendikbud No. 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kemendikbud Tahun 2020-2024 terkait Profil Pelajar Pancasila yang dalam praktik di lapangan masih belum mencapai tahap ideal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter Profil Pelajar Pancasila melalui habituasi di kelas IV SD Islam Sjarifudin Kabupaten Kendal. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian diambil dengan tiga teknik pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Setting penelitian dilakukan di SD Islam Sjarifudin Kabupaten Kendal. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV, guru kelas IV/Waka kurikulum, guru bidang kesiswaan, dan kepala SD Islam Sjarifudin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter Profil Pelajar Pancasila melalui habituasi di SD Islam Sjarifudin Kabupaten Kendal, di antaranya: (1) pembiasaan membaca zikir pagi dan asmaul husna bersama, (2) melaksanakan salat Zuhur berjamaah dan salat Duha tepat waktu, (3) menghafal Al-Quran, (4)_mempelajari lintas bahasa asing, yaitu bahasa Arab dan bahasa Inggris, (5)_menggunakan produk buatan dalam negeri, (6)_pembiasaan piket kelas bersama, (7) mengerjakan tugas dengan mandiri, (8) pembiasaan mencuci piring setelah makan siang, (9) aktif bertanya dan berpendapat, dan (10) membuat telur asin khas Kendal. Selanjutnya, hasil angket dan lembar observasi menunjukkan tingkat implementasi pendidikan karakter Profil Pelajar Pancasila yang dijalankan sudah membudaya dengan perolehan rata-rata persentase sebesar 82,22%. Namun, khusus nilai karakter kreatif masih dalam kategori mulai berkembang sehingga SD Islam Sjarifudin masih membutuhkan upaya untuk meningkatkan nilai kreatif. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Habituasi, Profil Pelajar PancasilaDownloads
Published
2023-03-25
How to Cite
Asfika, S. ., Nuvitalia, D. ., & Putriyanti, L. . (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila melalui Habituasi di SD Islam Sjarifudin Kabupaten Kendal. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 1702–1709. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13097
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Shofi Asfika, Duwi Nuvitalia, Lina Putriyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).