Peningkatan Prestasi Belajar Kognitif Dengan Model Problem Based Learning Kelas IV SDN Panggung Lor Semarang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13437Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dengan model Problem Based Learning (PBL) kelas IV SDN Panggung Lor. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan kelas dengan subjek penelitian kelas IV dengan jumlah 28 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan diantaranya tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik mata pelajaran PKn mengalami peningkatan yaitu pada siklus 1 diperoleh rata-rata 83 dengan ketuntasan 75%, siklus 2 rata-rata 86 dengan ketuntasan 89%, dan siklus 3 rata-rata 89 dengan ketuntasan 100%. Berdasarkan penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik kelas IV mengalami peningkatan dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.Downloads
Published
2023-04-03
How to Cite
Halimah, H., Nuvitalia, D. ., Saputra, H. J. ., & Prasetiawati, C. . (2023). Peningkatan Prestasi Belajar Kognitif Dengan Model Problem Based Learning Kelas IV SDN Panggung Lor Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2577–2583. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13437
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Halimah Halimah, Duwi Nuvitalia, Henry Januar Saputra, Catur Prasetiawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).