Strategi Guru Dalam Mengembangkan Pembelajaran Inkuiri di TK Harapan Bangsa Desa Sukarami Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13710Abstract
Penelitian ini berjudul “Strategi Guru Dalam Mengembanglkan Pembelajaran Inkuiri Di TK Harapan Bangsa Desa Sukarami Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir”. penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kinerja guru dalam mengembangkan pembelajaran inkuiri permasalahan penelitian ini adalah Bagaimana strategi guru dalam mengembangkan pembelajaran inkuiri di TK harapan bangsa desa sukarami kabupaten penukal abab lematang ilir. dan apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi strategi guru dalam mengembangkan pembelajaran inkuiri di TK Harapan Bangsa Desa Sukarami Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir. Sedangkan tujuan penelitian ini Untuk menganalisa strategi guru dalam mengembangkan pembelajaran inkuiri di TK Harapan Bangsa Sukarami Kabupaten Penukal Abab Lematang ilir. Untuk menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi strategi guru dalam mengembangkan pembelajaran inkuiri di TK Harapan Bangsa Desa Sukarami Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir. Metode atau pendekatan yang diterapkan pada penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini berlokasi di desa sukarami kebupaten penukal abab lematang ilir. Informan yang diteliti yaitu guru dan kepala sekolah TK Harapan Bangsa. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data akan di analisis menggunakan model Miles Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, display data, kesimpulan dan verifikasi. Sedangkan untuk uji pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan Strategi guru dalam mengembangkan pembelajaran inkuiri di TK Harapan Bangsa Desa Sukarami Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir yaitu: a) adanya penyajian materi pembelajaran dan memotivasi peserta didik b) adanya bimbingan kepada peserta didik dalam mengajukan pertanyaan c) adanya bimbingan kepada peserta didik dalam melakukan penyelidikan dan memfasilitasi pengumpulan data d) Adanya bantuan peserta didik dalam menganalisis dalam kelompoknya berdasarkan hasil penyelidikan e) adanya pengevaluasian diberikan guru kepada anak setelah belajar. Faktor pendukung strategi guru dalam mengembangkan pembelajaran inkuiri di TK Harapan Bangsa Desa Sukarami Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir a) adanya guru yang professional saat penyajian materi pembelajaran dan motivasi peserta didik, b) adanya perencanaan pembelajaran sebagai penunjang kegiatan pembelajaran c) adanya menyiapkan media pembelajaran yang dibutuhkan saat pembelajaran d) Sebelum belajar melakukan pendekatan dengan peserta didik e) adanya guru yang menguasai materi pembelajaran. Sedangkan faktor penghambat strategi guru dalam mengembangkan pembelajaran inkuiri di TK Harapan Bangsa Desa Sukarami Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir a) kurangnya waktu saat proses pembelajaran berlangsung b) adanya peserta didik yang kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran c) adanya jumlah peserta didik terlalu banyak sehingga hasil belajar menjadi tidak efisien.Downloads
Published
2023-04-06
How to Cite
Suryanti, M. H., Marlina, L., Murtopo, A., & Febriyanti, F. (2023). Strategi Guru Dalam Mengembangkan Pembelajaran Inkuiri di TK Harapan Bangsa Desa Sukarami Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2835–2844. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13710
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Mutiara Hari Suryanti, Leny Marlina, Ali Murtopo, Febriyanti Febriyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).