Strategi Guru Dalam Mengembangkan Pembelajaran Inkuiri di TK Harapan Bangsa Desa Sukarami Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir

Authors

  • Mutiara Hari Suryanti Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Leny Marlina Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Ali Murtopo Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Febriyanti Febriyanti Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13710

Abstract

Penelitian ini berjudul “Strategi Guru Dalam Mengembanglkan Pembelajaran Inkuiri Di TK Harapan Bangsa Desa Sukarami Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir”. penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kinerja guru dalam mengembangkan pembelajaran inkuiri permasalahan penelitian ini adalah Bagaimana strategi guru dalam mengembangkan pembelajaran inkuiri di TK harapan bangsa desa sukarami kabupaten penukal abab lematang ilir. dan apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi strategi guru dalam mengembangkan pembelajaran inkuiri di TK Harapan Bangsa Desa Sukarami Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir.  Sedangkan tujuan penelitian ini Untuk menganalisa strategi guru dalam mengembangkan pembelajaran inkuiri di TK Harapan Bangsa Sukarami Kabupaten Penukal Abab Lematang ilir. Untuk menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi strategi guru dalam mengembangkan pembelajaran inkuiri di TK Harapan Bangsa Desa Sukarami Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir. Metode atau pendekatan yang diterapkan pada penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini berlokasi di desa sukarami kebupaten penukal abab lematang ilir. Informan yang diteliti yaitu guru dan kepala sekolah TK Harapan Bangsa. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data akan di analisis menggunakan model Miles Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, display data, kesimpulan dan verifikasi. Sedangkan untuk uji pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan Strategi guru dalam mengembangkan pembelajaran inkuiri di TK Harapan Bangsa Desa Sukarami Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir yaitu: a) adanya penyajian materi pembelajaran dan memotivasi peserta didik  b) adanya bimbingan kepada peserta didik dalam mengajukan pertanyaan  c) adanya bimbingan kepada peserta didik dalam melakukan penyelidikan dan memfasilitasi pengumpulan data d) Adanya bantuan peserta didik dalam menganalisis dalam kelompoknya berdasarkan hasil penyelidikan e) adanya pengevaluasian diberikan guru kepada anak setelah belajar. Faktor pendukung strategi guru dalam mengembangkan pembelajaran inkuiri di TK Harapan Bangsa Desa Sukarami Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir a) adanya guru yang professional saat penyajian materi pembelajaran dan motivasi peserta didik, b) adanya perencanaan pembelajaran sebagai penunjang kegiatan pembelajaran c) adanya menyiapkan media pembelajaran yang dibutuhkan saat pembelajaran d) Sebelum belajar melakukan pendekatan dengan peserta didik e) adanya  guru yang menguasai materi pembelajaran. Sedangkan faktor penghambat  strategi guru dalam mengembangkan pembelajaran inkuiri di TK Harapan Bangsa Desa Sukarami Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir a) kurangnya waktu saat proses pembelajaran berlangsung b) adanya peserta didik yang kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran c) adanya jumlah peserta didik terlalu banyak sehingga hasil belajar menjadi tidak efisien.

Downloads

Published

2023-04-06

How to Cite

Suryanti, M. H., Marlina, L., Murtopo, A., & Febriyanti, F. (2023). Strategi Guru Dalam Mengembangkan Pembelajaran Inkuiri di TK Harapan Bangsa Desa Sukarami Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2835–2844. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13710

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>