Hubungan Antara Gaya Mengajar Interaksional Guru Dengan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Perwanida Muara Enim
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13289Abstract
Penelitin ini berjudul “Hubungan antara gaya mengajar interaksioanal guru dengan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di Ra Perwanida Muara Enim”. Adapun yang menjadi permasalahan penelitian ini (1) Bagaimana gaya mengajar guru di Ra Perwanida Muara Enim (2) Bagaimana kemampua kognitif anak di Ra Perwanida Muara Enim (3) Apakah ada hubungan antara gaya mengajar interaksional guru dengan kemampuan kognitif anak di Ra Perwanida Muara Enim. Tujuan penelitian ini (1) Untuk mengetahui bagaimana gaya mengajar guru di Ra Perwanida Muara Enim (2) Untuk mengetahui bagaimana kemampuan kognitif anak di Ra Perwanida Muara Enim (3) Untuk mengetahui apakah ada hubungan antara gaya mengajar interakssional guru dengan kemampuan kognitif anak di Ra Perwanida Muara Enim. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi product moment Pearson. Jumlah sampel anak yang digunakan 15 terdiri dari 7 laki-laki dan 8 perempuan Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan observasi dengan melakukan pengamatan langsung ke sekolah, kuesioner, dan dokumentasi. Kemudian data akan dianalisis dengan menggunakan uji reliabilits, normalitas, linieritas, dan uji hipotesis. Dari hasil penelitiian menunjukkan bahwa koefisien korelasi antara variabel X dan variabel Y, ,dari hasil output yang diolah diketahui nilai rhittung> rtabel (4,433>1771) yang menunjukkan tingkat hubungan yang kuat, sehingga HO ditolak dan Ha diterima artinya terdapat hubungan antara gaya mengajar interaksional guru dan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di RA Perwanida Muara Enim.Downloads
Published
2023-01-04
How to Cite
Damayanti, N., Marlina, L., & Muhtarom, M. (2023). Hubungan Antara Gaya Mengajar Interaksional Guru Dengan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Perwanida Muara Enim. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2304–2312. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13289
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Nova Damayanti, Leny Marlina, Muhtarom Muhtarom
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).