Pengaruh Metode Kibar Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Pada Anak Kelas A di RA Fatimah Sriwijaya

Authors

  • Hesti Febriana Universitas Islam Negeri Raden Fatah
  • Mardeli Mardeli Universitas Islam Negeri Raden Fatah
  • Ali Murtopo Universitas Islam Negeri Raden Fatah

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11357

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris pengaruh metode kibar terhadap kemampuan mengenal huruf hijaiyah pada anak kelas A di RA Fatimah Sriwijaya. Analisis ini menggunakan variabel independen metode kibar dan variabel dependennya adalah kemampuan mengenal huruf hijaiyah. Sampel penelitian ini adalah anak kelas A di RA Fatimah Sriwijaya, yang berjumlah 10 anak, 6 laki-laki dan 4 perempuan. Sampel dipilih dengan menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen yang terdiri dari 3 indikator dan 9 butir amatan yang berupa tes berbentuk skor, yang kemudian didokumentasikan dengan foto. Metode statistik pre-experimental dengan desain one group pretest-posttest, dengan melakukan pengujian normalitas, homogenitas, dan hipotesis. Hasil dari perhitungan tersebut diperoleh thitung = 15,5303  sedangkan dk = 10+10-2 = 18 dengan taraf nyata 0,025 sehingga di dapat ttabel 2,1009. Karena thitung > ttabel maka Ho ditolak, yang berarti ada pengaruh metode kibar terhadap kemampuan mengenal huruf hijaiyah pada anak kelas A di RA Fatimah Sriwijaya.

Downloads

Published

2023-01-11

How to Cite

Febriana, H. ., Mardeli, M., & Murtopo, A. . (2023). Pengaruh Metode Kibar Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Pada Anak Kelas A di RA Fatimah Sriwijaya. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2485–2492. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11357

Most read articles by the same author(s)