Pengembangan Media Busy Book Terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD Kencana Desa Tanjung Lubuk Oki

Authors

  • Lisa Anjelia Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Leny Marlina Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Nyimas Atika Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12523

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kemampuan membaca yang sangat penting untuk dilatih dan di kembangkan sejak dini, dari hasil observasi peneliti masih menemukan siswa yang kemampuan membacanya belum sesuai tingkat perkembangannya. Adapun permasalahan dari penelitian ini bagaimana pengembangan media busy book huruf sebagai bahan ajar terhadap kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun di PAUD Kencana Desa Tanjung Lubuk OKI, bagaimana pengembangan media busy book untuk kemampuan membaca pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Kencana Desa Tanjung Lubuk OKI yang valid dan praktis, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media busy book huruf sebagai bahan ajar terhadap kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun di PAUD Kencana desa Tanjung Lubuk OKI , Selain itu untuk mengetahui pengembangan media busy book huruf untuk kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun di PAUD Kencana desa Tanjung Lubuk OKI yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan metode R&D model 4-D dari Thiagarajan, subjek dalam penelitian ini adalah PAUD Kencana Desa Tanjung Lubuk OKI dengan instrument pengumpul data berupa observasi, angket, wawancara yang divalidasi oleh ahli materi, bahasa, desain untuk menguji kualitas media busy book huruf. Dilakukan angket responden dan lembar wawancara peserta didik untuk mengetahui respon siswa terhadap media. Penelitian ini menghasilkan produk berupa busy book sebagai media pembelajaran. Berdasarkan penilaian ahli materi yaitu 88,57 kategori sangat valid, penilaian ahli bahasa yaitu 84 kategori sangat valid, penilaian ahli desain yaitu 82,85 kategori sangat valid, sedangkan penilaian uji coba lapangan dengan angket responden tingkat keefekifan uji coba skala kecil adalah 84,033 kategori sangat efektif dan 80 angket lembar wawancara kategori efektif. Sedangkan angket responden tingkat keefekifan uji coba skala besar adalah 89,54 kategori sangat efektif dan 80 angket lembar wawancara kategori efektif.

Downloads

Published

2023-03-15

How to Cite

Anjelia, L., Marlina, L., & Atika, N. (2023). Pengembangan Media Busy Book Terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD Kencana Desa Tanjung Lubuk Oki. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 805–811. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12523

Most read articles by the same author(s)