Pengaruh Metode Bercerita Tema Islami Terhadap Perkembangan Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini Di Kelompok B Paud Sultan Agung 1 Ilir Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5702Abstract
Nilai agama dan moral anak usia dini sangat perlu dikembangkan, oleh karena itu pembelajaran harus menarik dan menyenangkan bagi anak. Salah satu cara untuk mengembangkan nilai agama dan moral anak adalah melalui metode bercerita tema islami. Perkembangan nilai agama dan moral anak kelompok B PAUD Sultan Agung 1 Ilir Palembang mempunyai beberapa kekurangan yang belum diterapkannya dengan baik, terdapat beberapa anak yang memilih untuk tidak tertib dan masih ada anak yang tidak memperhatikan gurunya saat proses belajar berlangsung. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode bercerita tema islami terhadap perkembangan nilai agama dan moral anak kelompok B PAUD Sultan Agung 1 Ilir Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantiatif dengan metode eksperimen dengan rancangan penelitian model pra eksperimen one grup pretest posttest design. Jumlah sampel anak adalah 14 orang anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi awal sebelum diberi perlakuan dengan pembelajaran metode bercerita tema islami, observasi digunakan untuk mengumpulkan data pada saat trethment dan hasil setelah diberi perlakuan serta dokumentasi berupa foto. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil hipotesis Diperoleh thitung = 2,0337735061228 sedangkan dk=14+14-2 = 26 dengan taraf 5% sehingga didapat ttabel = 1,706 karena thitung = 2,0337735061228> ttabel maka dapat disimpulkan Ho ditolak artinya ada pengaruh antara metode bercerita tema islami terhadap perkembangan nilai agama dan moral anak kelompok B di PAUD Sultan Agung 1 Ilir Palembang.Downloads
Published
2022-07-27
How to Cite
Nurmukjizatiah, M. . ., Marlina, L. . ., & Murtopo, . A. . . (2022). Pengaruh Metode Bercerita Tema Islami Terhadap Perkembangan Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini Di Kelompok B Paud Sultan Agung 1 Ilir Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2087–2096. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5702
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Masayu Nurmukjizatiah, Leny Marlina, Ali Murtopo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).