Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Kerja Sama Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Susfa Welli Kuntala Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Amir Luthfi Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Sumianto Sumianto Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1337

Keywords:

Model pembelajaran Think Talk Write (TTW), Kemampuan kerja sama.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan kerja sama siswa sama belajar berkelompok pada tema pahlawanku di kelas IV SD Negeri 007 Pulau Lawas. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran think talk write (TTW) terhadap kemampuan kerja sama siswa SD Negeri 007 Pulau Lawas. Metode dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dan desain digunakan adalah non-equivalent control group desiain. Sampel penelitian berjumlah 20 siswa di kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran think talk write (TTW). dan 20 siswa di kelas kontrol dengan menerapkan model pembelajaran konversional. Teknik pengambilan sampel ini menggunakan teknik sampling purposive. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumenlembar observasi kemampuan kerja sama siswa. Analisis data menggunakan uji t menggunakan program SPSS for windows version17.0. Dilihat pada hasil uji t setelah diberikan prilakuan kemampuan kerja sama di kelas eksperimen dan kontrol dilihat pada kolom t-test for equality of mean dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,040 < 0,05 maka dapat di ambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh signitifikan kemampuan kerja sama dengan menggunakan model pembelajaran think talk write (TTW)

References

Apriono, D. (2011). Pembelajaran Kolaboratif: Suatu Landasan untuk Membangun Kebersamaan dan Keterampilan. Diklus, Edisi XVII, (2). 293-303.

Asmah & Yulianti,. (2016). Pengaruh Strategi PDR Terhadap Active Learning dan Kemampuan Berkerjasama Anak Usia Dini. Jurnal Pedagogi. Vol 2, (3), 65-75.

Fauziddin, M,. (2013). Peningkatan Kemampuan Kerja Sama Melalui Kegiatan Kerja Kelompok Pada Anak Kelompok A TK Kartika Salo Kabupaten Kampar. Jurnal PGPAUD Stkip PTT. Vol, 2. (1). 29-45.

Khusna, A. et al. (2017) . Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berbantu Media CD Interaktif pada Mata

Pelajaran Ipa Terhadap Hasil Belajar siswa.Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. Vol 10, (2), 136-147.

Magta. (2019). Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Kerjasama Anak Kelompok A. Jurnal Mimbar Ilmu. Vol 24, (2), 212-220.

Pratiwi, A. (2018). Peningkatan Kemampuan Kerjasama Melalui Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Metode Education Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Refleksi Edukatika. Vol 8, (2).

Ryanti, O. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPS SD Negeri 9 Metro Timur Tahun Ajaran 2015/2016. Universitas Lampung. Bandar Lampung: Skripsi Tidak dipublikasikan.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2021-02-02

How to Cite

Kuntala, S. W., Luthfi, A., & Sumianto, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Kerja Sama Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 13–20. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1337

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)