Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Berbantuan Flash Cards dI SDN 163 Pekanbaru

Authors

  • Iis Aprinawati Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Afriza Rahma Rani Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Sumianto Sumianto Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Eva Astuti Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.17375

Abstract

Membaca adalah suatu proses yang dilakukan serta dipergunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan atau makna terdapat dalam bacaan yang disampaikan disampaikan oleh penulis melalui bahasa tulis. Sekolah dasar merupakan landasan untuk membina siswa agar menjadi pembaca yang terarah dalam menanggapi isi bacaan memegang peranan penting untuk menunjang pendidikan dan pengajaran di segala aspeknya yang harus terus ditingkatkan untuk mencapai suatu tujuan pendidikan dan memberi pengetahuan dasar kepada siswa ke studi mandiri. Kemampuan membaca merupakan salah satu kunci menuju kemajuan siswa. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan Peningkatan Keterampilan Membaca Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Berbantuan Flash Cards DI SDN 168 Pekanbaru. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan Teknik analisis data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah perpaduan dari data kualitatif dan data kuantitatif. Tempat penelitian yaitu di SDN 163 Pekanbaru kelas IV dengan jumlah siswa 22 orang. Penelitian akan dilakukan pada semester genap 2022-2023. membaca pemahaman siswa kelas V SD di SDN 163 Pekanbaru mengalami peningkatan. Peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa meningkat sebesar 2,09 berdasarkan nilai rata-rata siklus I sebesar 77,27 meningkat menjadi 79,36 pada siklus II. Keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD Sekarsuli Bantul pada pembelajaran siklus II sebagian besar sudah sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Hal ini dikarenakan pada pelaksanaan tindakan siklus II sudah dilakukan perbaikan langkah-langkah dan pelaksanaan pembelajaran dengan CIRC, perbaikan meliputi memperjelas penyampaian tentang memahami isi bacaan, serta memotivasi siswa agar berani dan aktif dalam menyampaikan pendapat dalam pembelajaran CIRC.

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Aprinawati, I. ., Rani, A. R. ., Sumianto, S., & Astuti, E. . (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Berbantuan Flash Cards dI SDN 163 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 6052–6056. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.17375