Pengaruh Model Auditory Intellectualy Repetiton (Air) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Authors

  • Liana Liana Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Bangkinang, Riau
  • Amir Luthfi Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Bangkinang, Riau
  • Nurnalina Nurmalina Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Bangkinang, Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.2852

Keywords:

Model Auditory, Intellectually, Repetition (AIR), Kemampuan Berpikir Kritis

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan model Konvensional menerapkan model Auditory, Intellectually, Repetition (AIR). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh model Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) yang diterapkan pada kelas eksperimen disbanding kelas kontrol yang menerapkan model Konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran tematik siswa kelas V SD Negeri 007 Pulau Lawas. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian berjumlah 13 siswa kelas eksperimen yang menerapkan model Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) dan 13 siswa kelas kontrol yang menerapkan model konvensional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonprobability Sampling dengan teknik purposive sampling. Pengembilan data menggunakan instrument tes berpikir kritis berbentuk essai yang telah diuji validitas, reabelitas, daya beda dan tingkat kesukarannya. Analisis data menggunakan uji t menggunakan program SPSS forwindows version 21. Dilihat dari perbandingan thitungdengan ttabel, dimana pada taraf 5% menunjukkan bahwa thitunglebih besar dari ttabel (3,39 > 2,797 dan nilai Sig. (2-tailed) = 0,002 < 0,05. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh signifikan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran tematik tema 3 subtema 1 

References

Adinda, A. (2016). “Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika”. Jurnal Logaritma. IV (1): 125-138.

Anshory, I. dkk. (2018). Pembelajaran Tematik Integratif Pada Kurikulum 2013 Di Kelas Rendah SD Muhammadiyah 07 Wajak. Jurnal Inovasi Pembelajaran. Vol. 4. No (1). 1-12.

Azizah, dkk. (2018). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol. 35. No (1). 62.

Daryanto.(2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Kemendikbud. (2013). Kerangka Dasar Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 Badan Standar Nasional Pendidikan

Oktaviani, K. (2016). Keefektifan Model AIR dalam Pembelajaran Menyimak Berita Siswa. Skripsi: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. UniversitasNegeri Yogyakarta.

Subing, N. C. C. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition Terhadap Hasil Belajar Tematik Peserta Didik Kelas V Sd Negeri 2 Gunung Terang. Skripsi: Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Bandar Lampung.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan R&D: Bandung. Alfabeta.

Trianto. (2013). Pembelajaran Terpadu, Konsep dan Implementasi dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Pendidikan KTSP.

Triyanto. (2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA &Anak Usia Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2021-11-11