Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sd Se Kecamatan Salo Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Open Ended Problems
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5951Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan berpikir kritis dengan menerapkan model open ended pada siswa SD Kecamatan Salo. Penelitian ini dilakukan pada bulan April- Juni 2022. Subjek penelitian adalah siswa kelas V Sekecamatan Salo. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kelas yang terdiri dari 2 siklus. Siklus 1 terdiri dari 2 pertemuan dimana siklu I terdiri 2 pertemuan dan siklus ke II terdiri dari 2 pertemuan setiap siklus (Ulangan Harian I dan Ulangan Harian II). Instrumen penelitia meliputi perangkat pembelajaran (Silabus, Rpp,LKS,Lembar kemempuan berpikir kritis), lembar pengamatan/ observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan, dimana sebelum dilakukan tindakan dari 40 orang hanya sebanyak 4 orang yang bertanya pada guru dan hasil berpikir kritis (51%) yang memperoleh nilai ulangan harian di atas atau sama dengan Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditetapkan oleh pihak sekolah tersebut adalah 70. Setelah diterapkan model open ended untuk meningkatkan berpikir kritis siswa pada siklus I sebanyak (74%) 18 orang yang di atas KKM atau sama dengan KKM, pada siklus ke II sebanyak (91,30%) memperoleh nilai ulangan di atas KKM. Aktifitas guru dikatagorikan baik pada siklus I dikatagorikan baik dengan rata – rata 70% dan pada siklus II dikatagorikan amat baik dengan rata- rata sebesar 85%. Sementara untuk aktivitas guru dikatagorikan baik dengan 75% siklus I dan pada siklus II dengan 87,50 %. Dengan demikian disimpulkan bahwa model open ended dapat meningkatkan berpikir kritis siswa SD Se- Kecamatan Salo.Downloads
Published
2022-08-11
How to Cite
Rani, . A. R. ., Aprinawati, I., & Sumianto, S. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sd Se Kecamatan Salo Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Open Ended Problems. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2894–2899. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5951
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Afriza Rahma Rani1Iis Aprinawati, Sumianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).