Pendidikan Dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital Dan Informasi Di Indonesia Pada Era Disruptif

Authors

  • Laros Tuhuteru IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Moh. Solehudin STAI Ar-Rosyid
  • Mas’ud Muhammadiah 3Universitas Bosowa
  • Kraugusteeliana Kraugusteeliana Universitas Pembangunan Nasional Veteran
  • Rinovian Rais Unindra PGRI Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13367

Abstract

Tujuan paper ini adalah untuk menjelaskan tantangan pada pembelajaran yang berbasis pada teknologi informasi pada era disrupsi serta kesiapan Indonesia dalam menghadapi tantangan tersebut dengan menciptakan sistem pembelajaran yang berbasis pada teknologi informasi. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka atau analisa konten dalam mengelaborasi temuan penelitian. Hasil temuan penelitian ini menunjukan bahwa Untuk menghadapi berbagai tantangan yang ada di bidang pendidikan era disrupsi di Indonesia, diperlukan peningkatan keterampilan serta kemampuan dibidang teknologi melalui pendidikan dengan menciptakan operator pendidikan yang handal sebagai pendukung kemajuan pendidikan yang ada pada era teknologi informasi di negara Indonesia dalam  menghadapi Industri 4.0 yang senantiasa berkembang pesat. Inovasi massif pada pendidikan di Indonesia saat ini diperlukan untuk menjawab tantangan dan kebutuhan masa yang terus terjadi perubahan, khususnya di era Revolusi Industri 4.0. Era ini membawa pengaruh yang begitu banyak di berbagai aspek kehidupan, termasuk di bidang pendidikan. Oleh karenanya lulusan intitusi pendidikan kita di indonesia wajib memiliki keterampilan abad 21 dalam menghadapi kebutuhan, tuntutan serta tantangan baru yang sebelumnya belum pernah muncul. Supaya bisa bersaing di era disrupsi ini diperlukan inovasi serta pembaharuan pada sistem, kemampuan SDM, kurikulum, prasarana dan sarana, etos kerja, tata kelola, budaya serta lainnya. Jika tidak dilakukan maka pendidikan bakal semakin usang serta tertinggal. Oleh sebab itu diperlukan sejumlah langkah konkret pada pendidikan di Indonesia agar dapat bersaing di zaman ini termasuk dengan ikut mendisrupsikan diri.

Downloads

Published

2023-03-27

How to Cite

Tuhuteru, L. ., Solehudin, M. ., Muhammadiah, M. ., Kraugusteeliana, K., & Rais, R. . (2023). Pendidikan Dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital Dan Informasi Di Indonesia Pada Era Disruptif. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 1893–1900. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13367

Most read articles by the same author(s)