Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Mulitple Intellegence di Sekolah Menengah Pertama Se-Kecamatan

Authors

  • Laros Tuhuteru IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Syafruddin Syafruddin STAI Al-Aqidah Al-Hasyimiyah
  • Sudadi Sudadi UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Sitriah Salim Utina IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Muh. Safar Universitas Muhammadiyah Bone

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14155

Abstract

Tujuan dari kajian ini ialah untuk mempelajari serta menggambarkan (1) upaya penguatan pendidikan karakter berbasis kecerdasan intelektual (IQ) di SMP di seluruh Kecamatan X, (2) upaya penguatan pendidikan karakter berbasis kecerdasan emosional (EQ) di SMP di seluruh Kecamatan X, serta (3) upaya penguatan pendidikan karakter berbasis kecerdasan spiritual (SQ) di SMP di seluruh Kecamatan X. Subjek pada kajian ini ialah 50 guru. Data dikumpulkan melalui kuesioner serta wawancara, serta dianalisa dengan pendekatan eksplanatori memakai metode deskriptif. Hasil kajian memperlihatkan jika (1) upaya penguatan pendidikan karakter berbasis kecerdasan intelektual di SMP di seluruh Kecamatan X tergolong "baik", (2) upaya penguatan pendidikan karakter berbasis kecerdasan emosional di SMP di seluruh Kecamatan X juga tergolong "baik", serta (3) upaya penguatan pendidikan karakter berbasis kecerdasan spiritual di SMP di seluruh Kecamatan X juga tergolong "baik".

Downloads

Published

2023-04-17

How to Cite

Tuhuteru, L. ., Syafruddin, S., Sudadi, S., Utina, S. S. ., & Safar, M. . (2023). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Mulitple Intellegence di Sekolah Menengah Pertama Se-Kecamatan . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4528–4535. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14155

Most read articles by the same author(s)