Konfigurasi Pendidikan Karakter Berbasis Multiple Inteligences Sebagai Desain Pembelajaran Di Era Inovasi Disruptif
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7463Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis konfigurasi pendidikan karakter berbasis multiple intligences sebagai salah satu desain pembelajaran penting di era inovasi disruptif ini. Untuk mengelaborasi dan menemukan tujuan penelitian di atas, maka penulis melakukan penelitian dengan jenis studi pustaka, serta menggunakan pendekatan filosofis atau analisis konten. Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa pendidikan diimplementasikan mesti dengan kesadaran dan memahami dengan benar, jika anak yang lahir dibekali dengan bakat serta kecerdasan masing-masing yang tentunya bervariasi. Oleh karena itu, di dalam suatu proses pembelajaran tentunya tidak akan berjalan efektif jika hanya dijalankan tanpa ada kresasi dan inovasi desain motode pembelajaran, namun mesti dipahami juga bahwa didalam suatu proses pembelajaran terdapat berbagai materi dimana seorang pendidik juga harus menggunakan beragam desain metode pembelajaran dan dalam melakukan penentuan metode serta memodifikasi atau mendesain metode, pendidik wajib memahami secara mendalam mengenai kecerdasan yang ada pada setiap individu sebab hal ini bisa mempengaruhi keberhasilan pada suatu pembelajaran dalam proses pendidikan karakter. Pendidikan yang tidak menekankan pada pengoptimalan berbasis potensi kecerdasan majemuk, berimplikasi pada kegagalan dalam mewujdukan peserta didik menjadi manusia yang berkarakter kuat positif di era inovasi disruptif ini.Downloads
Published
2022-10-12
How to Cite
Daheri, M. ., Zulkifli, Z., Deiniatur, M. ., Rais, R. ., & Muhammadiah, M. . (2022). Konfigurasi Pendidikan Karakter Berbasis Multiple Inteligences Sebagai Desain Pembelajaran Di Era Inovasi Disruptif. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5136–5145. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7463
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Mirzon Daheri, Zulkifli, Much Deiniatur, Rinovian Rais, Mas'ud Muhammadiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).