Konfigurasi Pendidikan Karakter Berbasis Multiple Inteligences Sebagai Desain Pembelajaran Di Era Inovasi Disruptif

Authors

  • Mirzon Daheri IAIN Curup
  • Zulkifli Zulkifli Sekolah Tinggi Teknologi Bontang
  • Much Deiniatur IAIN Metro
  • Rinovian Rais Universitas Indraprasta PGRI
  • Mas'ud Muhammadiah Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7463

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis konfigurasi pendidikan karakter berbasis multiple intligences sebagai salah satu desain pembelajaran penting di era inovasi disruptif ini. Untuk mengelaborasi dan menemukan tujuan penelitian di atas, maka penulis melakukan penelitian dengan jenis studi pustaka, serta menggunakan pendekatan filosofis atau analisis konten. Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa pendidikan diimplementasikan mesti dengan kesadaran dan memahami dengan benar, jika anak yang lahir dibekali dengan bakat serta kecerdasan masing-masing yang tentunya bervariasi. Oleh karena itu, di dalam suatu proses pembelajaran tentunya tidak akan berjalan efektif  jika hanya dijalankan tanpa ada kresasi dan inovasi desain motode pembelajaran, namun mesti dipahami juga bahwa didalam suatu proses pembelajaran terdapat berbagai materi dimana seorang pendidik juga harus menggunakan beragam desain metode pembelajaran dan dalam melakukan penentuan metode serta memodifikasi atau mendesain metode, pendidik wajib memahami secara mendalam mengenai kecerdasan yang ada pada setiap individu sebab hal ini bisa mempengaruhi keberhasilan pada suatu pembelajaran dalam proses pendidikan karakter. Pendidikan yang tidak menekankan pada pengoptimalan berbasis potensi kecerdasan majemuk, berimplikasi pada kegagalan dalam mewujdukan peserta didik menjadi manusia yang berkarakter kuat positif di era inovasi disruptif ini.

Downloads

Published

2022-10-12

How to Cite

Daheri, M. ., Zulkifli, Z., Deiniatur, M. ., Rais, R. ., & Muhammadiah, M. . (2022). Konfigurasi Pendidikan Karakter Berbasis Multiple Inteligences Sebagai Desain Pembelajaran Di Era Inovasi Disruptif. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5136–5145. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7463

Most read articles by the same author(s)