Utilisation of ChatGPT's Artificcial Intelligence in Improving the Quality and Productivity of Lecturers' Work
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13650Abstract
Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi kini semakin pesat, khususnya dalam era digital. Dalam dunia pendidikan, dosen sebagai pihak yang memiliki peran penting dalam proses belajar mengajar, perlu mengikuti perkembangan teknologi, seperti ChatGPT. penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan secara lebih mendalam mengenai manfaat ChatGPT dalam dunia pendidikan, khususnya dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan produktivitas kerja seorang dosen. Penelitian ini bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi menyimak dan mencatat informasi penting untuk melakukan analisis data melalui reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Studi ini menyimpulkan bahwa dalam dunia pendidikan, penggunaan teknologi informasi dan kecerdasan buatan seperti ChatGPT dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi para dosen. ChatGPT dapat membantu para dosen dalam banyak hal, seperti penyusunan materi kuliah, memberikan bimbingan kepada mahasiswa, melakukan penelitian, meningkatkan kualitas karya tulis, serta meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja.Downloads
Published
2023-04-09
How to Cite
Kraugusteeliana, K., Indriana, I. H., Krisnanik, E., Muliawati, A., & Irmanda, H. N. (2023). Utilisation of ChatGPT’s Artificcial Intelligence in Improving the Quality and Productivity of Lecturers’ Work. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 3245–3249. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13650
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Kraugusteeliana Kraugusteeliana, Intan Hesti Indriana, Erly Krisnanik, Anita Muliawati, Helena Nurramdhani Irmanda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).