Utilisation of ChatGPT's Artificcial Intelligence in Improving the Quality and Productivity of Lecturers' Work

Authors

  • Kraugusteeliana Kraugusteeliana Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Intan Hesti Indriana Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Erly Krisnanik Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Anita Muliawati Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Helena Nurramdhani Irmanda Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13650

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi kini semakin pesat, khususnya dalam era digital. Dalam dunia pendidikan, dosen sebagai pihak yang memiliki peran penting dalam proses belajar mengajar, perlu mengikuti perkembangan teknologi, seperti ChatGPT. penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan secara lebih mendalam mengenai manfaat ChatGPT dalam dunia pendidikan, khususnya dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan produktivitas kerja seorang dosen. Penelitian ini bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi menyimak dan mencatat informasi penting untuk melakukan analisis data melalui reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Studi ini menyimpulkan bahwa dalam dunia pendidikan, penggunaan teknologi informasi dan kecerdasan buatan seperti ChatGPT dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi para dosen. ChatGPT dapat membantu para dosen dalam banyak hal, seperti penyusunan materi kuliah, memberikan bimbingan kepada mahasiswa, melakukan penelitian, meningkatkan kualitas karya tulis, serta meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja.

Author Biographies

Kraugusteeliana Kraugusteeliana, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

   

Intan Hesti Indriana, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

   

Erly Krisnanik, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

   

Anita Muliawati, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

   

Helena Nurramdhani Irmanda, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

   

Downloads

Published

2023-04-09

How to Cite

Kraugusteeliana, K., Indriana, I. H., Krisnanik, E., Muliawati, A., & Irmanda, H. N. (2023). Utilisation of ChatGPT’s Artificcial Intelligence in Improving the Quality and Productivity of Lecturers’ Work. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 3245–3249. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13650

Most read articles by the same author(s)