Pengaruh Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Emosional dan Pengelolaan Konflik Terhadap Stres Kerja Guru di Madrasah
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13628Abstract
Tujuan dari kajian ini ialah untuk mengidentifikasi dampak kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, serta pengelolaan konflik pada stres kerja guru di Madrasah. Metode yang dipergunakan ialah pengumpulan data primer melalui penyebaran kuesioner kepada responden, dengan pendekatan kuantitatif. Analisa data dijalankan dengan memakai analisa deskriptif serta analisa inferensial (analisa jalur). Hasil kajian memperlihatkan jika (1) kecerdasan emosional secara langsung memberi pengaruh positif serta signifikan pada pengelolaan konflik di Madrasah . (2) kecerdasan spiritual secara langsung memberi pengaruh positif serta signifikan pada pengelolaan konflik di Madrasah . (3) kecerdasan emosional secara langsung memberi pengaruh negatif serta signifikan pada Stres kerja guru di Madrasah . (3) kecerdasan spiritual secara langsung memberi pengaruh negatif serta signifikan pada stres kerja guru di Madrasah . (4) pengelolaan konflik secara langsung memberi pengaruh negatif serta signifikan pada stres kerja guru di Madrasah . (4) kecerdasan emosional secara tidak langsung (melalui pengelolaan konflik) memberi pengaruh negatif serta signifikan pada Stres kerja guru di Madrasah . (5) kecerdasan spiritual secara tidak langsung (melalui pengelolaan konflik) memberi pengaruh negatif serta signifikan pada stres kerja guru di MadrasahDownloads
Published
2023-04-03
How to Cite
Lubis, F. M. ., Suwahono, S., Jasiah, J., Andilah, S. ., & Rais, R. . (2023). Pengaruh Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Emosional dan Pengelolaan Konflik Terhadap Stres Kerja Guru di Madrasah . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2570–2576. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13628
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Fatimah Malini Lubis, Suwahono, Jasiah, Sultan Andilah, Rinovian Rais
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).