Analisis Minat Belajar Terhadap Kesiapan Belajar Di Kelas 3 SDN Sampangan 02
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13099Abstract
Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mendeskripsi tentang minat belajar terhadap kesiapan belajar di kelas 3 SDN Sampangan 02. Penelitian dilakukan untuk mengetahui minat belajar terhadap kesiapan belajar dari siswa kelas 3 di SD N Sampangan 02, kecamatan Gajahmungkur dengan jumlah siswa sebanyak 28 anak. Minat dalam pembelajaran sangat penting terhadap siswa dapat diukur dengan kesiapan belajar dari setiap siswa. Metode yang peneliti gunakan dalam mengumpulkan data yakni, metode angket, observasi, dan dokumentasi. Data minat belajar dikumpulkan menggunakan angket dan dokumentasi. Sedangkan data kesiapan belajar diperoleh menggunakan lembar observasi, angket dan dokumentasi. Berdasarkan dari hasil penelitian yang sudah dilakukan memperlihatkan bahwa kondisi minat belajar sangat dipengaruhi dari kesiapan belajar. Peneliti menemukan banyak siswa yang baru memiliki kesiapan belajar, sehingga berpengaruh pada minat belajar dari siswa. Penelitian yang dilakukan memiliki fungsi untuk mengungkap dan mendiskripsikan pengaruh minat belajar terhadap kesiapan belajar siswa kelas 3 di SD Negeri Sampangan 02. Berdasarkan data penelitian yang telah didapatkan menentukan model penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menemukan minat belajar berpengaruh cukup baik pada kesiapan belajar siswa.Downloads
Published
2023-03-23
How to Cite
Hafidz, D., Kartinah, K., Sukamto, S., & Mariyatun, S. . (2023). Analisis Minat Belajar Terhadap Kesiapan Belajar Di Kelas 3 SDN Sampangan 02 . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 1639–1643. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13099
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Dedyikhza Hafidz, Kartinah Kartinah, Sukamto Sukamto, Sri Mariyatun
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).