Analisis Minat Belajar Terhadap Kesiapan Belajar Di Kelas 3 SDN Sampangan 02

Authors

  • Dedyikhza Hafidz Universitas PGRI Semarang
  • Kartinah Kartinah Universitas PGRI Semarang
  • Sukamto Sukamto Universitas PGRI Semarang
  • Sri Mariyatun SD N Sampangan 02

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13099

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mendeskripsi tentang minat belajar terhadap kesiapan belajar di kelas 3 SDN Sampangan 02. Penelitian dilakukan untuk mengetahui minat belajar terhadap kesiapan belajar dari siswa kelas 3 di SD N Sampangan 02, kecamatan Gajahmungkur dengan jumlah siswa sebanyak 28 anak. Minat dalam pembelajaran sangat penting terhadap siswa dapat diukur dengan kesiapan belajar dari setiap siswa. Metode yang peneliti gunakan dalam mengumpulkan data yakni, metode angket, observasi, dan dokumentasi. Data minat belajar dikumpulkan menggunakan angket dan dokumentasi. Sedangkan data kesiapan belajar diperoleh menggunakan lembar observasi, angket dan dokumentasi. Berdasarkan dari hasil penelitian yang sudah dilakukan memperlihatkan bahwa kondisi minat belajar sangat dipengaruhi dari kesiapan belajar. Peneliti menemukan banyak siswa yang baru memiliki kesiapan belajar, sehingga  berpengaruh pada minat belajar dari siswa. Penelitian yang dilakukan memiliki fungsi untuk mengungkap dan mendiskripsikan pengaruh minat belajar terhadap kesiapan belajar siswa kelas 3 di SD Negeri Sampangan 02. Berdasarkan data penelitian yang telah didapatkan menentukan model penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menemukan minat belajar berpengaruh cukup baik pada kesiapan belajar siswa.

Downloads

Published

2023-03-23

How to Cite

Hafidz, D., Kartinah, K., Sukamto, S., & Mariyatun, S. . (2023). Analisis Minat Belajar Terhadap Kesiapan Belajar Di Kelas 3 SDN Sampangan 02 . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 1639–1643. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13099

Most read articles by the same author(s)