Keefektifan Penggunaan Multimedia Interaktif Berbasis Game Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III di SDN Plamongansari 02 Semarang

Authors

  • Nurul Auliani Husna Universitas PGRI Semarang
  • Mira Azizah Universitas PGRI Semarang
  • Harto Nuroso Universitas PGRI Semarang
  • Yusuf Fuad Nugraha SDN Plamongansari 02 Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14163

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah hasil belajar dari 26 peserta didik dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75, ada 6 peserta didik yang mendapatkan nilai lebih dari atau sama dengan 70, sedangkan yang belum mencapai nilai KKM sebanyak 20 peserta didik. Permasalahan dalam pebelitian ini adalah Bagaimanakah keefektifan penggunaan media interaktif berbasis game based learning terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran PPKn kelas III SDN Plamongansari 02 Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan penggunaan multimedia interaktif berbasis game based learning terhadap hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan pre-eksperimental dengan model one grouppretest – posttest. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik di SDN Plamongansari 02 Semarang. Sampel yang diambil adalah semua kelas III SDN Plamongansari o2 Semarang yang berjumlah 26 peserta didik. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 7,911>2,060 sehingga H0 ditolak Ha diterima artinya ada perbedaan rata-rata yang signifikan hasil belajar kognitif siswa pada pretest dan posttest. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh gain 0,32 artinya peserta didik mengalami peningkatan hasil belajar dengan kategori sedang. Hasil belajar pretest-posttest peserta didik menunjukkan kenaikan ketuntasan belajar sebesar 30,64%. 

Downloads

Published

2023-04-17

How to Cite

Husna, N. A. ., Azizah, M. ., Nuroso, H. ., & Nugraha, Y. F. . (2023). Keefektifan Penggunaan Multimedia Interaktif Berbasis Game Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III di SDN Plamongansari 02 Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4582–4586. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14163

Most read articles by the same author(s)