Pembuatan Hasta Karya Sederhana Untuk Meningkatkan Kemampuan Tali Temali Pada Matakuliah Kepramukaan Mahasiswa PGSD FIP UNHASY

Authors

  • Muhammad Nuruddin Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang
  • M. Bambang Edi Siswanto Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
  • Emy Yunita Rahma Pratiwi Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
  • Ratih Asmarani Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
  • Anggara Dwinata Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12820

Abstract

Penelitian dengan judul pembuatan hasta karya sederhana untuk meningkatkan kemampuan tali temali pada matakuliah kepramukaan mahasiswa PGSD FIP UNHASY adalah penelitian yang diangkat guna meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam bidang keterampilan untuk berkegiatan pramuka. Alur action research atau yang biasa kita kenal dengan nama PTK merupakan desain yang ada dalam penelitian ini. Tahapan dalam penelitian ini mengacu pada tahapan PTK secara umum, yaitu berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dua siklus merupakan rencana ideal yang akan dilakukan guna melihat kemampuan yang akan diperoleh oleh mahasiwa dalam melaksanakan matakuliah kepramukaaan materi tali temali dalam pembuatan hasta karya sederhana. Hasil pelaksanaan penelitian menunjukkan semua tahapan dalam alur PTK terlaksana dan terlewati dengan baik. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan hasil keterampilan mahasiswa kelas 1B PGSD FIP UNHASY ada peningkatan, Hal ini ditunjukkan dengan prosentase ketuntasan hasil hasta karya mahasiswa meningkat dari 57% di siklus I menjadi 91% di siklus II. Berdasarkan hasil keterampilan hasta karya mahasiswa menunjukkan bahwa kemampuan tali temali sangat membantu mahasiswa dalam menyelesaikan kegiatan membuat hasta karya.

Downloads

Published

2023-03-16

How to Cite

Nuruddin, M. ., Siswanto, M. B. E., Pratiwi, E. Y. R. ., Asmarani, R. ., & Dwinata, A. . (2023). Pembuatan Hasta Karya Sederhana Untuk Meningkatkan Kemampuan Tali Temali Pada Matakuliah Kepramukaan Mahasiswa PGSD FIP UNHASY. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 900–905. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12820

Most read articles by the same author(s)