Card Dance Inovasi Media Pembelajaran Seni Tari Sebagai Wujud Pengenalan Budaya Pada Mahasiswa Pada Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Authors

  • Ratih Asmarani Universitas Hasyim Asy'ari Jombang
  • Emy Yunita Rahma Pratiwi Universitas Hasyim Asy'ari Jombang
  • Anggara Dwinata Universitas Hasyim Asy'ari Jombang
  • Muhammad Nuruddin Universitas Hasyim Asy'ari Jombang
  • Pance Mariati Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12628

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang card dance sebagai alternatif media pembelajaran seni tari untuk diterapkan pada jenjang pendidikan tinggi di Indonesia. Card Dance adalah hasil pengembangan media pembelajaran yang berupa kartu bergambar tari-tarian yang berasal dari seluruh nusantara yaitu 34 provinsi yang masing-masing provinsi dibatasi 5 tarian. Hal ini untuk memudahkan dalam proses pengembangan media pembelajaran serta penyerapan materi pada mahasiswa yang tidak memiliki basic seni tari sebelumnya. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D (Four D Models) dari Thiagarajan. Untuk pemerolehan data penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode observasi partisipasif dan uji coba lapangan yang digunakan untuk mengetahui kebermanfaatan dari produk. Hasil data dari observasi dan wawancara dianalisis secara deskriptif kualitatif dan hasil data dari angket mahasiswa dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Total skor perolehan pada uji coba I sebesar 1297 dengan rata-rata 72 dan prosentase 81.8% sedangkan uji coba II sebesar 1430 dengan rata-rata 79.4 dan prosentase 90.2%. Dapat disimpulkan bahwa data uji coba kedua ini menunjukkan hasil yang tinggi/ signifikan dari pada hasil di uji coba pertama, setelah dilakukan perbaikan atau revisi. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan jika media tepat untuk membantu mahasiswa dalam proses pengenalan budaya untuk nantinya dijadikan bekal dan diterapkan dalam proses pembelajaran seni di Sekolah Dasar. Kata Kunci: card dance, media, pembelajaran, seni tari, pengenalan budaya.

Downloads

Published

2023-03-08

How to Cite

Asmarani, R., Pratiwi, E. Y. R. ., Dwinata, A. ., Nuruddin, M. ., & Mariati, P. . (2023). Card Dance Inovasi Media Pembelajaran Seni Tari Sebagai Wujud Pengenalan Budaya Pada Mahasiswa Pada Pendidikan Guru Sekolah Dasar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 289–302. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12628

Most read articles by the same author(s)