Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan IV Di SMP Swasta Darma Medan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10377Abstract
Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia sehingga mendorong proses pembelajaran serta menciptakan belajar yang inovatif, tidak mengekang dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dan siswa. Program ini didasari atas kurang efektifnya pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan di masa pandemic Covid-19. Hal tersebut didasari dari menurunnya minat belajar siswa, tingkat pemahaman siswa ketika pembelajaran dan kemampuan literasi dan numerasi siswa. Dengan adanya program ini sangat membantu sekolah dalam meningkatkan kompetensi literasi dan numerasi siswa agar lebih siap memimpin masa depan bangsa yang unggul dan berkepribadian. Efektifitas literasi dan numerasi siswa meliputi tujuan, kolobarosi dan kegiatan dengan strategi yang tepat. Jenis metode penelitian yang digunakan dalam menghasilkan hasil penelitian yaitu metode kualitatif deskripsi, dimana secara langsung melakukan kegiatan dalam bentuk berkarya, bermain sambil belajar secara mandiri dan kelompok untuk siswa SMP Swasta Darma Medan. Kegiatan penelitian yang dilakukan bersama siswa sangat memberikan manfaat yang dapat membantu siswa menulis, membaca, dan meningkatkan kemampuan berhitung. Secara konkrit ditunjukkan dengan peningkatan literasi siswa SMP Swasta Darma Medan yang terlihat dari antusias membaca buku fiksi maupun nonfiksi, siswa yang menciptakan suatu karya dari kempuan belajar menulis dan membaca dan membantu siswa dalam permasalahan belajar bagi siswa SMP Swasta Darma dapat teratasi.Downloads
Published
2022-12-18
How to Cite
Wulan, E. P. S. ., & Samosir, S. E. . (2022). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan IV Di SMP Swasta Darma Medan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12085–12090. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10377
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Eka Putri Saptari Wulan, Sarah Evelyn Samosir
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).