Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan IV Di SMP Swasta Darma Medan

Authors

  • Eka Putri Saptari Wulan Universitas HKBP Nommensen
  • Sarah Evelyn Samosir Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10377

Abstract

Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia sehingga mendorong proses pembelajaran serta menciptakan belajar yang inovatif, tidak mengekang dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dan siswa. Program ini didasari atas kurang efektifnya pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan di masa pandemic Covid-19. Hal tersebut didasari dari menurunnya minat belajar siswa, tingkat pemahaman siswa ketika pembelajaran dan kemampuan literasi dan numerasi siswa. Dengan adanya program ini sangat membantu sekolah dalam meningkatkan kompetensi literasi dan numerasi siswa agar lebih siap memimpin masa depan bangsa yang unggul dan berkepribadian. Efektifitas literasi dan numerasi siswa meliputi tujuan, kolobarosi dan kegiatan dengan strategi yang tepat. Jenis metode penelitian yang digunakan dalam menghasilkan hasil penelitian yaitu metode kualitatif deskripsi, dimana secara langsung melakukan kegiatan dalam bentuk berkarya, bermain sambil belajar secara mandiri dan kelompok untuk siswa SMP Swasta Darma Medan. Kegiatan penelitian  yang dilakukan bersama siswa sangat memberikan manfaat yang dapat membantu siswa menulis, membaca, dan meningkatkan kemampuan berhitung. Secara  konkrit  ditunjukkan  dengan  peningkatan  literasi  siswa  SMP Swasta Darma Medan yang terlihat  dari antusias  membaca  buku  fiksi  maupun  nonfiksi,  siswa yang menciptakan suatu karya dari kempuan belajar menulis dan membaca dan membantu siswa dalam  permasalahan  belajar  bagi siswa SMP Swasta Darma dapat teratasi.

Downloads

Published

2022-12-18

How to Cite

Wulan, E. P. S. ., & Samosir, S. E. . (2022). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan IV Di SMP Swasta Darma Medan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12085–12090. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10377

Most read articles by the same author(s)