Perencanaan Pembelajaran SKL di MDA As-Sa’adah Surau Lauik Kec. IV Angkek Kab. Agam

Authors

  • Rahmat Fauzi Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Iswantir Iswantir Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Wedra Aprison Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Salmiwati Salmiwati Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11914

Abstract

Masalah pokok dalam penelitian ini adalah guru MDTA As-sa’adah yang mengajar SKI belum mempunyai RPP ( rencana pelaksanaan pembelajaran ) yang sesuai dengan ilmunya, ditambah lagi dengan kondisi guru yang belum memiliki pengalaman di dunia pendidikan. ketika guru mengajarkan materi, anak-anak banyak yang main-main dan meribut. Guru hanya focus untuk mencatat pelajaran di papan tulis tanpa menghiraukan anak-anak didiknya sehingga anak-anak tidak terkontrol. Hal yang menjadi pokok masalah tersebut ialah dilihat dari segi perencanaan pembelajaran SKI serta kendala-kendala yang ada dihadapi guru SKI dalam membuat RPP. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yaitu data yang dikumpulkan berbentuk kata-kata gambar, bukan angka-angka. Penelitian deskriptif adalah suatu bentuk penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan fenomena-fenomena yang ada, baik fenomena alamiah maupun rekayasa manusia. Sementara teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Informan kunci penelitian ini adalah guru SKI, sedangkan informan pendukungnya adalah kepala MDTA, guru-guru dan siswa kelas IV. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa perencanaan pembelajaran SKI yang dialakukan oleh guru SKI belum maksimal bisa kita lihat dari RPP yang beliau buat.

Downloads

Published

2023-01-26

How to Cite

Fauzi, R. ., Iswantir, I., Aprison, W. ., & Salmiwati, S. (2023). Perencanaan Pembelajaran SKL di MDA As-Sa’adah Surau Lauik Kec. IV Angkek Kab. Agam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5457–5462. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11914

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>