Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru PAI di SMA Negeri 1 Tigo Nagari
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6403Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah yang berkaitan dengan kompetensi Profesional guru PAI dalam menjalankan tugasnya sebagai pendidik, guru kurang menguasai materi yang akan disampaikan kepada siswa, hal tersebut terlihat ketika guru menyampaikan materi pelajaran dan ketika siswa bertanya mengenai materi yang belum dipahami, guru masih ragu dalam menjawab pertanyaan tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana kompetensi profesional Guru PAI di SMA Negeri 1 Tigo Nagari, dan mengetahui bagaimana strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional Guru PAI di SMA Negeri 1 Tigo Nagari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriftif, dengan menggunakan informan kunci adalah Kepala Sekolah serta informan pendukung adalah Guru PAI dan Wakil Kurikulum yang ada di SMA Negeri 1 Tigo Nagari. Dalam mengumpulkan data, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dirangkum sebagai berikut: 1) kompetensi profesional guru PAI: kompetensi profesional Guru PAI di SMA Negeri 1 Tigo Nagari, menunjukkan bahwa kompetensi profesionalnya sudah cukup bagus karena sudah memenuhi semua kriteria kompetensi profesional mulai dari penguasaan materi ataupun menguasai bahan ajar yang akan diajarkan kepada peserta didik, mampu menguasai metode maupun mengembangkan bahan ajar, mampu menyusun perangkat pembelajaran seperti RPP, Silabus, Program Tahunan dan Program Semester. 2) strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional Guru PAI SMA Negeri 1 Tigo Nagari: diikutkan kegiatan pendidikan dan pelatihan Tenaga Guru dan Pendidikan Pelatihan (Diklat), Supervisi, memberikan motivasi, memberikan penghargaan, mengikutkan workshop, dan penataran lokarya.Downloads
Published
2022-08-28
How to Cite
Dewi, P. P. ., Junaidi, J., Aprison, W., & Charles, C. (2022). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru PAI di SMA Negeri 1 Tigo Nagari. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 5834–5841. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6403
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Putri Puspa Dewi, Junaidi, Wedra Aprison, Charles
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).