Pengaruh Manajemen Pembelajaran dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Di Kabupaten Lima Puluh Kota Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11016Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya pandemic covid-19 yang menyebabkan perubahan dalam banyak hal terlebih dalam kegiatan pembelajaran. Banyak keluhan dari orangtua terhadap menurunnya hasil belajar siswa, khususnya dalam mata pelajaran IPA. Untuk itu, maka penelitian ini untuk mengetahui factor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa masa pandemic covid-19 dari sisi manajemen pembelajaran dan motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan Ex Post Facto. Metode ini digunakan untuk mendeskripsikan fenomena manajemen pembelajaran dan motivasi belajar siswa yang ditemukan memberikan pengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa madrasah tsanawiyah negeri di Kabupaten Lima Puluh Kota. Lokasi penelitian adalah MTsN di Kabupaten Lima Puluh Kota dan masa penelitian dari bulan Desember 2021 sampai dengan April 2022. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai R adalah 0,319, dan berdasarkan rumus pengujian hipotesis, R menunjukkan pengaruh variabel yang di uji. Peneliti menafsirkan data hasil uji pengaruh bahwa terdapat pengaruh sebagai berikut; 1) manajemen pembelajaran memberikan pengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa MTsN di Kabupaten Lima Puluh Kota sebesar 8,12%, 2) motivasi memberikan pengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa MTsN di Kabupaten Lima Puluh Kota sebesar 31%, dan 3) manajemen pembelajaran dan motivasi sama-sama memberikan pengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa MTsN di Kabupaten Lima Puluh Kota sebesar 10,17.Downloads
Published
2023-01-04
How to Cite
Juita, R. ., Arif, M., Afrinaldi, A., & Iswantir, I. (2023). Pengaruh Manajemen Pembelajaran dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Di Kabupaten Lima Puluh Kota Masa Pandemi Covid-19 . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 706–717. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11016
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Ratna Juita, M.Arif, Afrinaldi, Iswantir
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).