Pengaruh Manajemen Pembelajaran dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Di Kabupaten Lima Puluh Kota Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Ratna Juita Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek
  • M. Arif Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek
  • Afrinaldi Afrinaldi Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek
  • Iswantir Iswantir Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11016

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya pandemic covid-19 yang menyebabkan perubahan dalam banyak hal terlebih dalam kegiatan pembelajaran. Banyak keluhan dari orangtua terhadap menurunnya hasil belajar siswa, khususnya dalam mata pelajaran IPA. Untuk itu, maka penelitian ini untuk mengetahui factor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa masa pandemic covid-19 dari sisi manajemen pembelajaran dan motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan Ex Post Facto. Metode ini digunakan untuk mendeskripsikan fenomena manajemen pembelajaran dan motivasi belajar siswa yang ditemukan memberikan pengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa madrasah tsanawiyah negeri di Kabupaten Lima Puluh Kota. Lokasi penelitian adalah MTsN di Kabupaten Lima Puluh Kota dan masa penelitian dari bulan Desember 2021 sampai dengan April 2022. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai R adalah 0,319, dan berdasarkan rumus pengujian hipotesis, R menunjukkan pengaruh variabel yang di uji. Peneliti menafsirkan data hasil uji pengaruh bahwa terdapat  pengaruh sebagai berikut; 1) manajemen pembelajaran memberikan pengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa MTsN di Kabupaten Lima Puluh Kota sebesar 8,12%, 2) motivasi memberikan pengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa MTsN di Kabupaten Lima Puluh Kota sebesar 31%, dan 3) manajemen pembelajaran dan motivasi sama-sama memberikan pengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa MTsN di Kabupaten Lima Puluh Kota sebesar 10,17.

Downloads

Published

2023-01-04

How to Cite

Juita, R. ., Arif, M., Afrinaldi, A., & Iswantir, I. (2023). Pengaruh Manajemen Pembelajaran dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Di Kabupaten Lima Puluh Kota Masa Pandemi Covid-19 . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 706–717. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11016

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>