Pengaruh Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11534Abstract
Pemahaman konsep matematika di Pondok Pesantren Abinnur Al-Islami belum optimal. Diantara penyebabnya adalah gurang yang belum memberi perlakuan yanng sesuai dengan kemampuan siswa. Dalam hal ini untuk meningkakan kemampuan pemahaman konsep siswa salah satunya dengan penerapan Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI). Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII Abinnur Al-Islami Mandailing Natal. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan rancangan penelitian The Static Group Comparison Design. Sampel penelitian ini diambil berdasarkan random sampling, dengan siswa kelas VII-1 sebagai kelas ekperimen sebanyak 36 siswa dan siswa kelas VII-4 sebagai kelas kontrol sebanyak 37 siswa. Peneitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 20021/2022. Data penelitian diperoleh melalui tes, kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasi penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan Model Pembelajaran Aptitude Treatmen Interaction (ATI) Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional Di Pondok Pesantren Abinnur Al-Islami.Downloads
Published
2023-01-14
How to Cite
Arifin, N. S. ., Fitri, H. ., Rusdi, R., & Rahmat, T. . (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3334–3340. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11534
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Nur Saidah Arifin, Haida Fitri, Rusdi, Tasnim Rahmat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).