Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash dalam Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar

Authors

  • Feri Novriadi Universitas Negeri Padang
  • Desyandri Desyandri Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11207

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang peningkatan kreativitas belajar siswa pada bidang matematika dengan menggunakan materi pembelajaran media macro flash. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif yang mana sumberdanya di peroleh dari daca naratif dalam bentuk kata-kata melalui fenomena yang diteliti. Penelitian ini dilakukan di sebuah Sekolah Dasar Negeri di kota Padang dengan jumlah peserta didik 25 orang. Adapun Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan yaitu menggunakan teori Miles dan Huberman yang meliputi tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini ialah diketahui sebagain besar dari peserta didik sangat tertarik menggunakan media pembelajaran macromedia flash dalam proses pembelajaran. Hal ini dibuktikan melalui observasi yang peneliti lakukan dimana peserta didik berantusias, bersemangat serta aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran. Hal ini juga di dukung oleh hasil wawancara dan pengisian qunsionel oleh peserta didik yang mana menunjukan bahwa peserta didik sangat senang jika melibatkan media pembelajaran macromedia flash dalam proses pemblajaran karena tampilan dari macromedia flash menarik dan mudah di pahami.  Dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini terdapat peningkatan kreativitas peserta didik menggunakan media pembelajaran macromedia flash di sekolah dasar pada mata pelajaran matematika.

Downloads

Published

2023-01-08

How to Cite

Novriadi, F. ., & Desyandri, D. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash dalam Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 1772–1776. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11207

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2