Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash dalam Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11207Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang peningkatan kreativitas belajar siswa pada bidang matematika dengan menggunakan materi pembelajaran media macro flash. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif yang mana sumberdanya di peroleh dari daca naratif dalam bentuk kata-kata melalui fenomena yang diteliti. Penelitian ini dilakukan di sebuah Sekolah Dasar Negeri di kota Padang dengan jumlah peserta didik 25 orang. Adapun Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan yaitu menggunakan teori Miles dan Huberman yang meliputi tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini ialah diketahui sebagain besar dari peserta didik sangat tertarik menggunakan media pembelajaran macromedia flash dalam proses pembelajaran. Hal ini dibuktikan melalui observasi yang peneliti lakukan dimana peserta didik berantusias, bersemangat serta aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran. Hal ini juga di dukung oleh hasil wawancara dan pengisian qunsionel oleh peserta didik yang mana menunjukan bahwa peserta didik sangat senang jika melibatkan media pembelajaran macromedia flash dalam proses pemblajaran karena tampilan dari macromedia flash menarik dan mudah di pahami. Dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini terdapat peningkatan kreativitas peserta didik menggunakan media pembelajaran macromedia flash di sekolah dasar pada mata pelajaran matematika.Downloads
Published
2023-01-08
How to Cite
Novriadi, F. ., & Desyandri, D. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash dalam Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 1772–1776. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11207
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Feri Novriadi, Desyandri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).