Efetivitas Penerapan Permainan Tradisional Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Dalam Pembelajaran Pjok Kelas IV SD Negeri 1 Sungai Dua

Authors

  • Kurnia Istifarillah Universitas PGRI Palembang
  • Endie Riyoko Universitas PGRI Palembang
  • Ali Fakhrudin Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10462

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan permainan tradisional terhadap kemampuan interaksi sosial siswa dalam pembelajaran pjok kelas IV SD Negeri 1 Sungai Dua.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 40 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi.Berdasarkan hasil penelitian, terdapat perbedaan antara penerapan permainan tradisional dan interaksi sosial dalam pembelajaran PJOK. Terlihat bahwa rata-rata yang diperoleh siswa kelas eksperimen sebesar 62,43 sedangkan   kelas kontrol sebesar 54,11 artinya kelas tersebut juga mempunyai peningkatan interaksi sosial. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa rata-rata peningkatan penerapan permainan tradisional terhadap kemampuan interaksi sosial siswa dalam pembelajaran PJOK tergolong efektif, dengan pembanding nilai KKM di kelas eksperimen dan kontrol adalah 75. Nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada nilai rata-rata kelas kontrol, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan tradisional terhadap interaksi sosial dalam pembelajaran PJOK ini efektif untuk diterapkan.

Downloads

Published

2022-12-21

How to Cite

Istifarillah, K., Riyoko, E. ., & Fakhrudin, . A. (2022). Efetivitas Penerapan Permainan Tradisional Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Dalam Pembelajaran Pjok Kelas IV SD Negeri 1 Sungai Dua. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12372–12378. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10462