Hubungan Kompetensi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dengan Peran Kode Etik Tenaga Kependidikan Dalam Ruang Lingkup Lembaga Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10817Abstract
Kepala sekolah sebagai seorang pemimpin memegang peranan penting dalam mengelola sebuah lembaga pendidikan. Seorang kepala sekolah harus memiliki kompetensi manajerial dalam memimpin, menggerakkan, merencanakan, dan berinteraksi dengan seluruh personel sekolah. Salah satu bagian dari personel sekolah adalah tenaga kependidikan. Tenaga kependidikan dalam satuan lembaga pendidikan meliputi kepala sekolah, penilik, pengawas, pamong belajar, pustakawan, tutor, laboran, dan teknisi sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kompetensi kepemimpinan kepala sekolah dengan peran kode etik tenaga kependidikan dalam ruang lingkup pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan studi kepustakaan dengan mengeksplorasi berbagai literatur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kompetensi kepemimpinan kepala sekolah dengan peran kode etik tenaga kependidikan dalam ruang lingkup pendidikan Islam. Kepala sekolah yang memiliki kompetensi kepemimpinan yang baik juga memiliki peran yang aktif dalam menerapkan kode etik tenaga kependidikan di sekolah. Selain itu, peran kode etik tenaga kependidikan juga membantu kepala sekolah dalam menciptakan suasana sekolah yang kondusif dan terintegrasi dengan prinsip-prinsip pendidikan Islam. Namun, masih terdapat beberapa kepala sekolah yang kurang memahami pentingnya peran kode etik tenaga kependidikan dalam ruang lingkup pendidikan Islam, sehingga dibutuhkan peningkatan kompetensi kepemimpinan kepala sekolah dalam hal ini guna membantu tenaga kependidikan dalam memahami dan menjalankan kode etik mereka.Downloads
Published
2023-01-01
How to Cite
Ramadhan, . . M. H. ., Darmiyanti, A. ., & Saprialman, S. (2023). Hubungan Kompetensi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dengan Peran Kode Etik Tenaga Kependidikan Dalam Ruang Lingkup Lembaga Pendidikan Islam . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 1–5. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10817
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Hanif Ramadhan, Astuti Darmiyanti, Saprialman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).