Analisis Peran Kode Etik Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Karakter Profesionalisme Guru Dan Staff Administrasi Terhadap Mutu Layanan di Lembaga Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10659Abstract
Kode etik merupakan standar yang harus dipatuhi oleh seorang kepala sekolah dalam melakukan tugasnya. Analisis ini bertujuan untuk mengevaluasi peran kode etik kepala sekolah dalam pengembangan karakter profesionalisme guru dan staff administrasi terhadap mutu layanan di lembaga pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kode etik kepala sekolah memiliki peran yang signifikan dalam mengembangkan karakter profesionalisme guru dan staff administrasi. Kode etik tersebut memberikan pedoman yang jelas bagi kepala sekolah dalam melakukan tugasnya, sehingga dapat meningkatkan mutu layanan di lembaga pendidikan. Selain itu, kode etik juga dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kepala sekolah dan lembaga pendidikan. Namun, terdapat beberapa hambatan dalam implementasi kode etik kepala sekolah, seperti kurangnya pemahaman tentang kode etik oleh guru dan staff administrasi, serta kurangnya dukungan dari pihak sekolah. Untuk mengatasi hambatan tersebut, diperlukan adanya penyuluhan tentang kode etik kepala sekolah serta dukungan dari pihak sekolah.Downloads
Published
2022-12-25
How to Cite
Amalia, P. ., Darmiyanti, A. ., & Saprialman, S. (2022). Analisis Peran Kode Etik Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Karakter Profesionalisme Guru Dan Staff Administrasi Terhadap Mutu Layanan di Lembaga Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12941–12946. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10659
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Putri Amalia, Astuti Darmiyanti, Saprialman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).