Analisis Peran Kode Etik Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Karakter Profesionalisme Guru Dan Staff Administrasi Terhadap Mutu Layanan di Lembaga Pendidikan

Authors

  • Putri Amalia Universitas Negeri Singaperbangsa Karawang
  • Astuti Darmiyanti Universitas Negeri Singaperbangsa Karawang
  • Saprialman Saprialman Universitas Negeri Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10659

Abstract

Kode etik merupakan standar yang harus dipatuhi oleh seorang kepala sekolah dalam melakukan tugasnya. Analisis ini bertujuan untuk mengevaluasi peran kode etik kepala sekolah dalam pengembangan karakter profesionalisme guru dan staff administrasi terhadap mutu layanan di lembaga pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kode etik kepala sekolah memiliki peran yang signifikan dalam mengembangkan karakter profesionalisme guru dan staff administrasi. Kode etik tersebut memberikan pedoman yang jelas bagi kepala sekolah dalam melakukan tugasnya, sehingga dapat meningkatkan mutu layanan di lembaga pendidikan. Selain itu, kode etik juga dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kepala sekolah dan lembaga pendidikan. Namun, terdapat beberapa hambatan dalam implementasi kode etik kepala sekolah, seperti kurangnya pemahaman tentang kode etik oleh guru dan staff administrasi, serta kurangnya dukungan dari pihak sekolah. Untuk mengatasi hambatan tersebut, diperlukan adanya penyuluhan tentang kode etik kepala sekolah serta dukungan dari pihak sekolah.

Downloads

Published

2022-12-25

How to Cite

Amalia, P. ., Darmiyanti, A. ., & Saprialman, S. (2022). Analisis Peran Kode Etik Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Karakter Profesionalisme Guru Dan Staff Administrasi Terhadap Mutu Layanan di Lembaga Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12941–12946. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10659

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>