Analisis Pemahaman Konsep Mata Pelajaran IPS pada Siswa Kelas IV SDN 87 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5490Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis pemahaman konsep mata pelajaran IPS materi kegiatan ekonomi di kelas IV SDN 87 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Kualitatif deskriptif. Teknik penggumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas IV. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah menurut Miles dan Huberman yaitu reduksi data, Penyajian data, dan Kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa kelas IV SDN 87 Palembang termasuk dalam kategori cukup, terdapat dua indikator dengan masing-masing kategori tertinggi dan terendah. Semua indikator dapat dikuasai siswa, namun terdapat beberapa kategori sangat baik dan kurang, kategori sangat baik dapat dipresentasekan sebanyak 100% pada indikator Mengaitkan. Pada kategori kurang dapat dipresentasekan sebanyak 48% pada indikator menguraikan. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil tes yang dilakukan peneliti terhadap pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran IPS materi kegiatan ekonomi, terdapat 3 (tiga) siswa dalam kategori sangat baik, 7 (tujuh) siswa dalam kategori baik, 4 (empat) siswa dalam kategori cukup, dan 8 (delapan) siswa dalam kategori kurang, dengan jumlah 22 orang siswa.Downloads
Published
2022-07-19
How to Cite
Tri Lerista, Heldayani, E. ., & Tanzimah , T. . (2022). Analisis Pemahaman Konsep Mata Pelajaran IPS pada Siswa Kelas IV SDN 87 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1366–1369. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5490
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Tri Lerista, Eni Heldayani, Tanzimah Tanzimah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).