Analisis Pemahaman Konsep Mata Pelajaran IPS pada Siswa Kelas IV SDN 87 Palembang

Authors

  • Tri Lerista Universitas PGRI Palembang
  • Eni Heldayani Universitas PGRI Palembang
  • Tanzimah Tanzimah Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5490

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis pemahaman konsep mata pelajaran IPS materi kegiatan ekonomi di kelas IV SDN 87 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Kualitatif deskriptif. Teknik penggumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas IV. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah menurut Miles dan Huberman yaitu reduksi data, Penyajian data, dan Kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa kelas IV SDN 87 Palembang termasuk dalam kategori cukup, terdapat dua indikator dengan masing-masing kategori tertinggi dan terendah. Semua indikator dapat dikuasai siswa, namun terdapat beberapa kategori sangat baik dan kurang, kategori sangat baik dapat dipresentasekan sebanyak 100% pada indikator Mengaitkan. Pada kategori kurang dapat dipresentasekan sebanyak 48% pada indikator menguraikan. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil tes yang dilakukan peneliti terhadap pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran IPS materi kegiatan ekonomi, terdapat 3 (tiga) siswa dalam kategori sangat baik, 7 (tujuh) siswa dalam kategori baik, 4 (empat) siswa dalam kategori cukup, dan 8 (delapan) siswa dalam kategori kurang, dengan jumlah 22 orang siswa.

Downloads

Published

2022-07-19

How to Cite

Tri Lerista, Heldayani, E. ., & Tanzimah , T. . (2022). Analisis Pemahaman Konsep Mata Pelajaran IPS pada Siswa Kelas IV SDN 87 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1366–1369. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5490