Pengaruh Lingkungan Belajar di Sekolah terhadap Konsentrasi Belajar Siswa di SMP N 19 Kota Jambi

Authors

  • Andri Ramadhan Universitas Jambi
  • Akmal Sutja Universitas Jambi
  • Fellicia Ayu Sekonda Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9893

Abstract

Fenomena konsentrasi belajar yang terjadi di SMP N 19 Kota Jambi adalah siswa yang mengobrol dengan teman ketika belajar, merasa bosan, mengantuk, dan terganggu oleh suara berisik dari dalam kelas dan luar kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan tingkat konsentrasi belajar siswa dan tingkat lingkungan belajar di SMP N 19 Kota Jambi, serta mengungkapkan pengaruh lingkungan belajar di sekolah terhadap konsentrasi belajar siswa di SMP N 19 Kota Jambi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian expost-facto. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 192 siswa, dengan sampel sebanyak 129 siswa. Instrumen data yang digunakan adalah angket dengan model skala likert. Angket tersebut terdiri dari soal pernyataan mengenai variabel lingkungan belajar (X) dan pernyataan konsentrasi belajar (Y). Kemudian data tersebut di olah menggunakan SPSS statistik 25. Hasil penelitian mengenai tingkat konsentrasi belajar siswa berada pada kualitas baik dengan nilai 74,93%. Tingkat lingkungan belajar berada pada kualitas baik dengan nilai 75,70%. Pengaruh lingkungan belajar terhadap konsentrasi belajar siswa di SMP N 19 Kota Jambi berada pada kategori cukup kuat sebesar 46,9%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara lingkungan belajar di sekolah terhadap konsentrasi belajar siswa di SMP N 19 Kota Jambi.

Downloads

Published

2022-12-08

How to Cite

Ramadhan, A. ., Sutja, A. ., & Sekonda, F. A. . (2022). Pengaruh Lingkungan Belajar di Sekolah terhadap Konsentrasi Belajar Siswa di SMP N 19 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 9524–9530. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9893

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>