EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI METODE PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI BAGI SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 MAUMERE

Authors

  • Silvester Gudu Guru Bahasa Indonesia Pada SMK Negeri 2 Maumere, Flores, NTT

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.991

Keywords:

Menulis karangan argumentasi, Metode Problem Based Learning.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas metode problem based learning dalam keterampilan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMK Negeri 2 Maumere. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Desain dalam penelitian ini menggunakan non-equivalent control group design. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik analisi data diolah dengan perhitungan statistik SPSS 16 untuk uji normalitas, homogenitas dan uji-t. Data dalam penelitian ini berdistribusi normal dan homogen. Pada teknik pengumpulan data, diperoleh dengan observasi guru dan melakukan tes. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X sebanyak 63 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode problem based learning efektif diterapkan pada pembelajaran bahasa Indonesia khususnya keterampilan menulis. Efektivitas penerapannya dibuktikan dengan hasil t hitung sebesar 7.413 dengan df 29. Uji-t menunjukkan, bahwa t hitung 7.413 > 0,05. t hitung kemudian dikonsultasikan dengan nilai t tabel dengan taraf signifikasi 0,05 dan df 29 (n-1). Hasil yang didapat berdasarkan t tabel adalah sebesar 3.009, hal tersebut menunjukkan bahwa t hitung >t tabel (7.413 > 3.009) yang berarti hipotesis diterima. Kesimpulan ada perbedaan kemampuan awal dan akhir menulis karangan argumentasi antara metode guru dan metode problem based learning pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Dapat dibuktikan juga dengan melihat hasil persentase nilai pascates keterampilan menulis karangan argumentasi dengan menerapkan metode guru yaitu 75%, sedangkan persentase nilai pascates keterampilan menulis karangan argumentasi siswa dengan mengimplementasikan metode PBL adalah 80%.

References

Abdul dan Rohman, C. (2014). Pendekatan Ilmiah dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya

Alwasilah, A. Chaedar. (2007). Pokoknya Menulis. Bandung: Kiblat. Arifin, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Browne, M. N. dan Keeley, S. M. (2012). Pemikiran Kritis Panduan untuk Mengajukan dan Menjawab Pertanyaan Kritis. Jakarta: Indeks.

Darma, B. (2007). Bahasa, Sastra dan Budi Dharma. Surabaya: Temprina Media Grafika.

Doyin, Mukh dan Wagiran. (2005). Curah Gagasan: Pengantar Penulisan Karya Ilmiah. Semarang: Rumah Indonesia.

Emzir. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Izhab, Z. (2003). Hakikat Berpikir Kritis dan Pentingnya Bagi Peserta Didik.http://www.kompasiana.com/awadsajaya/berpikirkritis. Diunduh 16 November 2015.

Keraf, G. (2000). Argumentasi dan Narasi Komposisi Lanjutan III.Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Keraf, G. (2007). Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kosasih, E. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Yrama Widya

Kurnia, Deka. (2011). “Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Argumentasi Dengan Menggunakan Metode Jigsaw Pada Siswa Kelas XB SMA Islam 1 Gamping Sleman Yogyakartaâ€. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Kuswana, W. (2011). Taksonomi Berpikir. Bandung: Remaja Rosdyakara.

Maulana, Nanang. (2015). “Penggunaan Metode Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Eksposisi dan Berpikir Kritis Di SMAâ€. Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran 1 (1), 70-76.

Nurgiyantoro, B. (2012). Penelitian Pengembangan Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: Yogyakarta

Nurjamal, dkk. (2014). Terampil Berbahasa. Bandung: Alfabeta. Nursisto. (1999). Membina Majalah Dinding. Yogyakarta: Adicita KaryaNusa.

Nursisto. (2000). Penuntun Mengarang. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa. Nurudin. (2007). Dasar-Dasar Penulisan. Malang: UniversitasMuhammadiyah Malang.

Saifuddin, A. (2012). Realibilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sudaryat, Y. (2009). Makna dalam Wacana. Bandung: Yrama Widya Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantittaif dan R&D.Bandung: Alfabeta.

Surya, M. (2015). Strategi Kognitif dalam Proses Pembelajaran.Bandung: Alfabeta.

Tarigan, H. Guntur. (1979). Menulis Paragraf dan Pengembangannya.Bandung: Angkasa.

Tarigan, H. Guntur. (1983). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka

Wiyanto, A. (2004). Terampil Menulis Paragraf. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia

Zainurrahman. (2011). Menulis : Dari Teori Hingga Praktik (Penawar Racun Plagiarisme). Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2020-09-30