Petak Umpat Game as Stimulus for Social Education in Nursery Student

Authors

  • Bahagia Bahagia Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Leni Muniroh Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Abdul Karim Halim Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Rimun Wibowo Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • M. Azhar Al-Wahid Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.9676

Abstract

Permainan tradisional sudah mulai punah pada jaman sekarang padahal permainan tradisional seperti petak umpat berguna untuk perkembangan sosial anak. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menemukan nilai-nilai sosial yang bisa diambil dari permainan tradisional petak umpet. Permainan tradisional mengandung nilai-nilai sosial sebab permainan ini dilakukan secara berkelompok. Sementara metode penelitian yang digunakan yaitu metode studi Pustaka yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengumpulkan berbagai sumber termasuk jurnal dan buku. Kemudian dilakukan deskripsi atas temuan dari setiap artikel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan tradisional termasuk sebuah permainan yang bisa menumbuhkan kehidupan sosial bagi anak sebab permainan tersebut dilakukan secara bersama-sama. Ada beberapa aspek sosial yang bisa berkembang melalui permainan petak umpet termasuk skill sosial tentang kemampuan berinteraksi dengan yang lain, berkomunikasi secara sosial, dan memiliki adaptasi sosial karena berhadapan dengan banyak anak dengan latar belakang keluarga yang berbeda-beda. Untuk itu permainan tradisional sangat penting untuk menumbuhkan skill sosial pada anak.

Downloads

Published

2022-12-03