Petak Umpat Game as Stimulus for Social Education in Nursery Student
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.9676Abstract
Permainan tradisional sudah mulai punah pada jaman sekarang padahal permainan tradisional seperti petak umpat berguna untuk perkembangan sosial anak. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menemukan nilai-nilai sosial yang bisa diambil dari permainan tradisional petak umpet. Permainan tradisional mengandung nilai-nilai sosial sebab permainan ini dilakukan secara berkelompok. Sementara metode penelitian yang digunakan yaitu metode studi Pustaka yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengumpulkan berbagai sumber termasuk jurnal dan buku. Kemudian dilakukan deskripsi atas temuan dari setiap artikel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan tradisional termasuk sebuah permainan yang bisa menumbuhkan kehidupan sosial bagi anak sebab permainan tersebut dilakukan secara bersama-sama. Ada beberapa aspek sosial yang bisa berkembang melalui permainan petak umpet termasuk skill sosial tentang kemampuan berinteraksi dengan yang lain, berkomunikasi secara sosial, dan memiliki adaptasi sosial karena berhadapan dengan banyak anak dengan latar belakang keluarga yang berbeda-beda. Untuk itu permainan tradisional sangat penting untuk menumbuhkan skill sosial pada anak.Downloads
Published
2022-12-03
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).