The Effect of Educational Sosialization of Music Learning Videos on the Understanding of Unisono Vocal Techniques in Madrasah Diniyah Taklimiyah Awwaliyah Al Barkah Student
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.9675Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sosialisasi edukasi menggunakan media video pembelajaran musik terhadap tingkat pemahaman teknik vokal unisono pada siswa Madrasah Diniyah Taklimiyah Awaliyah Al Barkah, Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pre-test adalah 48.33 dan rata-rata pos-ttest adalah 94.58. Hasil perbandingan pre-test dan post-test menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan responden setelah dilakukan aksi. Diketahui bahwa nilai rata-rata N-Gain adalah 0.87 (87%) menunjukkan bahwa metode atau treatment yang dilakukan yaitu penggunaan media video pembelajaran musik terhadap pemahaman teknik vokal unisono efektif digunakan pada siswa MDTA Al Barkah. Dengan nilai N-gain score minimal 0.6 (60%) dan maksimal 1 (100%). Hasil keefektifan ini dipengaruhi oleh suasana belajar yang cukup kondusif dan semangat belajar siswa yang cukup tinggi terhadap pembelajaran seni khususnya belajar bernyanyi sambil menonton video. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif untuk pendidik dalam melaksanakan pembelajaran seni yang menarik khususnya di kalangan pelajar.Downloads
Published
2022-12-03
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).