Pengembangan Perangkat Pembelajaran Terpadu Model Integrated untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Marselina Wali Universitas Flores

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.9593

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara terhadap guru kelas IV sekolah dasar diketahui bahwa kurangnya pemahaman guru tentang pembelajaran terpadu model integrated. Mereka mengatakan bahwa pembelajaran terpadu yang sudah sering diterapkan di sekolah adalah model webbed atau yang dikenal dengan kurikulum 2013. Berdasarkan hasil wawancara, dapat disimpulkan bahwa guru membutuhkan contoh perangkat pembelajaran model integrated sebagai acuan untuk menerapkan pembelajaran terpadu di kelas IV SD. Dalam penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran model integrated bagi siswa kelas IV sekolah dasar. Model yang digunakan dalam rancangan pengembangan perangkat pembelajaran ini adalah model 4D yang diadaptasi menjadi 3D. Kelayakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat diujicobakan dan dianalisis secara deskriptif. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan dinyatakan valid dan keterlaksanaan perangkat pembelajaran sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran model integrated yang telah dikembangkan valid, praktis, dan efektif digunakan untuk siswa kelas IV sekolah dasar.

Downloads

Published

2022-12-01