Pengembangan Perangkat Pembelajaran Terpadu Model Integrated untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.9593Abstract
Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara terhadap guru kelas IV sekolah dasar diketahui bahwa kurangnya pemahaman guru tentang pembelajaran terpadu model integrated. Mereka mengatakan bahwa pembelajaran terpadu yang sudah sering diterapkan di sekolah adalah model webbed atau yang dikenal dengan kurikulum 2013. Berdasarkan hasil wawancara, dapat disimpulkan bahwa guru membutuhkan contoh perangkat pembelajaran model integrated sebagai acuan untuk menerapkan pembelajaran terpadu di kelas IV SD. Dalam penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran model integrated bagi siswa kelas IV sekolah dasar. Model yang digunakan dalam rancangan pengembangan perangkat pembelajaran ini adalah model 4D yang diadaptasi menjadi 3D. Kelayakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat diujicobakan dan dianalisis secara deskriptif. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan dinyatakan valid dan keterlaksanaan perangkat pembelajaran sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran model integrated yang telah dikembangkan valid, praktis, dan efektif digunakan untuk siswa kelas IV sekolah dasar.Downloads
Published
2022-12-01
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).