Analisis Kemampuan Menggunakan Kosakata dalam Menyusun Kalimat Majemuk
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.9489Abstract
Dalam menyusun kalimat majemuk, siswa harus memahami unsur-unsur yang harus ada di dalamnya, yaitu induk kalimat (ik), dan anak kalimat (ak) serta penggunaan kosakata yang tepat.Maka diperlukan untuk menganalisis tingkat kemampuan siswa menggunakan kosakata dalam menyusun kalimat majemuk bertingkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa menggunakan kosakata dalam menyusun kalimat majemuk bertingkat kelas V SD Negeri 6 Palembang.Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, sumber data penelitian: Tes, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data penelitian: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: Siswa yang termasuk ke dalam kategori sangat baik berjumlah 14 siswa atau sebanyak 53,84%, siswa yang termasuk kategori baik berjumlah 11 siswa atau sebanyak 42,30%, tidak terdapat siswa yang termasuk ke dalam kategori cukup, terdapat 1 siswa yang masuk ke dalam kategori kurang atau sebanyak 3,84%, dan tidak ada satupun siswa yang termasuk kategori gagal.Downloads
Published
2022-12-16
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Desi Marlina Sari, M. Taheri Akhbar, Nora Surmilasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).